Sukses


Mengupas Kekuatan Lini Per Lini Persita Vs Persebaya: Upaya Mentas dari Papan Bawah BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - Duel tim papan bawah bakal menghiasi pekan ke-25 BRI Liga 1 2023/2024. Persita Tangerang dijadwalkan menjamu Persebaya Surabaya di Indomilk Arena, Tangerang, Jumat (23/2/2024).

Persita jadi lumbung gol dalam dua pertandingan terakhir yang semuanya dilakoni di markas lawan. Sempat kalah 0-3 dari Bhayangkara FC (17/12/2023), Pendekar Cisadane babak belur 0-4 kontra PSM Makassar (4/2/2024).

Persita saat ini sedang berupaya keras untuk bangkit di bawah kendali pelatih Divaldo Alves. Mereka baru mengoleksi 26 poin dari 24 laga dan menghuni posisi ke-15 klasemen sementara, atau hanya satu strip di atas zona degradasi.

Sementara Persebaya kini berada di posisi ke-12 dengan raihan 30 poin dari 24 pertandingan. Mereka juga masih berusaha untuk terus mendapat pundi-pundi kemenangan demi mencapai target empat besar.

Persebaya tidak kalah dalam dua laga sebelumnya. Masing-masing berakhir 1-1 kontra PSIS Semarang (30/1/2024) dan menang 1-0 atas Bhayangkara FC (4/2/2024). Persebaya kini berada di posisi ke-12 dengan raihan 30 poin dari 24 pertandingan.

Persebaya Surabaya menunjukkan perkembangan yang semakin positif. Teranyar, mereka berhasil menang 5-0 atas Raka FC dalam uji coba di Stadion Gelora 10 November, Jumat (16/2/2024).

Dengan 10 laga tersisa, kans Persebaya masih terbuka lebar, syaratnya tentu harus lebih banyak meraih kemenangan. Selain itu, ada hasil pertandingan tim lain yang akan berpengaruh.

Bola.com telah mengulas adu kuat masing-masing pemain dalam setiap lini antara Persita melawan Persebaya. Simak ulasan berikut:

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Kiper

Persita selama musim ini lebih banyak mengandalkan Rendy Oscario di bawah mistar gawang. Sosok satu ini sebenarnya kiper andalan Pendekar Cisadane, hanya saja dia sudah kebobolan 18 gol dalam sembilan pertandingan.

Persebaya masih belum bisa memainkan kiper Ernando Ari Sutaryadi yang masih cedera bahu. Ada kans bagi kiper kelapis Andhika Ramadhani untuk unjuk kemampuan saat melawan Persita nanti.

Musim ini saja, Andhika itu sudah tampil dalam 12 pertandingan dengan hanya kebobolan 10 gol dan membukukan empat clean sheet. Itu adalah catatan yang sangat apik untuk seorang kiper pelapis.

3 dari 6 halaman

Lini Belakang

Kwartet pertahanan Persita sudah pakem dan tidak mengalami banyak perubahan. Mereka adalah Muhammad Toha, Javlon Guseynov, Christian Rontini, dan Mario Jardel.

Nama-nama ini sebenarnya cukup apaik di lini belakang, namun mereka masih belum pad. Deretan pemain itulah yang membuat Persita kebobolan empat gol pekan lalu.

Rotasi pemain belakang tampaknya tidak banyak dilakukan oleh Persebaya. Hanya bek kiri sekaligus kapten Reva Adi Utama saja yang harus absen karena menerima kartu merah di laga sebelumnya.

Sebagai pengganti, ada Mikael Alfredo Tata, bek kiri pinjaman dari Arema yang sudah bergabung Bajul Ijo sejak memasuki putaran kedua. Sejauh ini, bek berusia 19 tahun itu sudah tampil dalam dua pertandingan yang semuanya berakhir seri 1-1.

Sedangkan tiga posisi bek lainnya kemungkinan tetap akan diisi oleh nama-nama yang sudah terbiasa masuk skuat utama. Mereka adalah Catur Pamungkas, Dusan Stevanovic, dan Yan Victor.

4 dari 6 halaman

Lini Tengah

Komposisi lini tengah Persita juga masih mengandalkan trio gelandang yang sama. Mereka adalah Bae Sin-yeong, Cakra Yudha, dan Rifky Dwi Septiawan.

Sayangnya, para pemain ini belum mampu diandalkan untuk mengalirkan bola ke lini depan. Tengok saja kegagal mencetak gol yang dialami Persita dalam dua laga terakhir.

Persebaya masih belum bisa memainkan gelandang asing asal Singapura, Song Ui-young. Sejauh ini, pihak klub menyebutkan bahwa Song mengalami cedera dan belum terlihat hadir dalam latihan tim lagi.

Dalam dua pertandingan terakhir, Bajul Ijo lebih memilih untuk mengandalkan pemain lokal di lini tengah. Mereka adalah Muhammad Hidayat, Ripal Wahyudi, dan Andre Oktaviansyah.

5 dari 6 halaman

Lini Depan

Persita tidak bisa memainkan salah satu pemain andalannya, yakni Ezequiel Vidal. Penyebabnya, pemain asal Argentina itu sudah mengoleksi tujuh kartu kuning dan harus absen akibat akumulasi kartu.

Sebagai gantinya, ada winger lokal Esal Sahrul. Dua nama lain yang menghuni lini depan adalah Ramiro Fergonzi dan Mohcine Nader.

Komposisi para pemain depan Persebaya juga tampaknya tidak mengalami rotasi. Trisula lini depan tetap akan dihuni oleh pemain asing, yakni Bruno Moreira, Paulo Henrique, dan Robson Duarte.

Pergerakan ketiganya dalam melancarkan serangan tentu sangat diandalkan Persebaya. Bruno dan Robson adalah dua winger lincah yang mampu mengolah bola. Sedangkan Paulo Henrique sudah menemukan kepercayaan diri setelah mencetak dua gol.

6 dari 6 halaman

Tengok Persaingan di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer