Sukses


BRI Liga 1: Hokky Caraka Langganan Timnas Indonesia, Pelatih PSS Keberatan Melepasnya untuk Piala Asia U-23 2024

Bola.com, Sleman - Pelatih PSS Sleman, Risto Vidakovic, enggan melepas pemainnya ke Timnas Indonesia U-23. Skuad Garuda Muda tidak lama lagi akan berkancah di Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

PSS Sleman memiliki satu pemain langganan yang sering dipanggil memperkuat Timnas Indonesia kelompok usia, bahkan senior. Dia adalah penyerang muda Hokky Caraka.

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, memang belum mengumumkan skuad untuk Piala Asia U-23 2024.

Namun, peluang Hokky Caraka dibawa cukup besar karena sebelumnya striker PSS Sleman berusia 19 tahun itu menjadi bagian Timnas Indonesia senior di Piala Asia 2023.

2 dari 4 halaman

Butuh Jasa Sang Pemain

Risto Vidakovic menegaskan tidak akan mengizinkan Hokky Caraka bergabung ke Timnas Indonesia U-23 andai dipanggil. Pelatih berlisensi UEFA Pro itu mengaku butuh jasa sang pemain untuk mengarungi sisa kompetisi BRI Liga 1 2023/2024.

"Bagi kami Hokky Caraka adalah pemain yang sangat penting. Jadi saya tidak bisa bilang saya suka dia pergi ke tim nasional karena kami butuh dia di sini," ujar Risto Vidakovic.

Selain PSS Sleman, beberapa klub macam Persija Jakarta dan Borneo FC juga sudah angkat bicara. Dengan alasan yang sama, mereka tak merelakan pemainnya gabung Timnas Indonesia U-23.

3 dari 4 halaman

Bukan Agenda Resmi FIFA

Selain membutuhkan jasa Hokky Caraka, alasan lain pelatih PSS Sleman berusia 55 tahun itu keberatan melepas sang pemain karena Piala Asia U-23 bukan agenda resmi FIFA. Plus ketika turnamen tersebut berlangsung, kompetisi BRI Liga 1 di Tanah Air juga tetap bergulir.

"Jika tim nasional memanggil dia dan ada jeda tentu itu bagus untuk dia bermain. Jika tidak ada jeda maka itu tidak bagus untuk kami, karena jika FIFA Matchday oke kami membiarkan dia pergi," katanya.

"Sementara kami hanya mempunyai dua penyerang jadi itu tidak mungkin untuk melepasnya pergi," sambung pelatih kelahiran 5 Januari 1969 tersebut.

Sementara itu, Hokky Caraka tampil apik saat membantu timnya meraih kemenangan 4-1 kontra Bhayangkara FC di Stadion PTIK, Jakarta, Kamis (22/2/2024). Pada laga ini, Hokky turut menyumbangkan sebiji gol buat Super Elang Jawa..

4 dari 4 halaman

Perjalanan Timnas Indonesia U-23

Piala Asia U-23 2024 akan digelar pada 15 April hingga 3 Mei 2024. Total 16 tim bakal bersaing ketat untuk menjadi yang terbaik dalam ajang dua tahunan tersebut.

Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A Piala Asia U-23. Garuda Muda akan bertarung melawan Qatar U-23, Australia U-23, dan Yordania U-23.

Bagi Timnas Indonesia U-23, ini adalah kesempatan pertama mereka melaju ke putaran final Piala Asia U-23. Sejak ajang itu diperkenalkan pada 2013, Tim Merah-Putih tidak pernah lolos ke putaran final. Garuda Muda selalu kandas di babak kualifikasi.

Garuda Muda lolos ke Qatar setelah menjadi juara Grup K pada babak kualifikasi. Indonesia U-23 menang 9-0 atas Chinese Taipei dan 2-0 saat bersua Turkmenistan. Tim Merah-Putih mengemas enam poin dari dua pertandingan yang dimainkan.

Video Populer

Foto Populer