Sukses


Stefano Lilipaly dan 3 Pemain Borneo FC yang Layak Dipercaya Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

Bola.com, Samarinda - Borneo FC Samarinda tidak terhentikan di BRI Liga 1 2023/2024. Tim berjulukan Pesut Etam itu melesat sendirian di singgasana klasemen sementara.

Hingga pekan ke-36 BRI Liga 1, Borneo FC membukukan 60 poin dari 26 pertandingan. Pesut Etam unggul 15 angka dari pesaing terdekatnya, Persib Bandung.

Namun, kontribusi Borneo FC di Timnas Indonesia masih terbatas. Hanya dua pemain Pesut Etam yang dipercaya masuk skuad di Piala Asia 2023 Qatar.

Padahal, terdapat sejumlah pemain Borneo FC yang bermain konsisten dan menonjol pada musim ini dan dirasa layak untuk diberikan kesempatan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Terdekat, Timnas Indonesia akan dua kali berhadapan dengan Timnas Vietnam dalam kelanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F pada 21 dan 26 Maret 2024.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Adam Alis

Belakangan, Adam Alis kembali masuk ke skuad Timnas Indonesia. Namun, gelandang berusia 30 tahun itu tidak banyak mendapatkan menit bermain.

Di Piala Asia 2023, Adam Alis menjadi penghangat bangku cadangan Timnas Indonesia. Mantan pemain Arema FC dan Bhayangkara FC itu hanya sekali berlaga sebagai pengganti selama 23 menit.

Adam Alis telah mencatatkan 25 penampilan untuk Borneo FC di musim ini, dengan 24 di antaranya sebagai starter. Saking pentingnya, ia hanya sekali absen.

3 dari 5 halaman

Nadeo Argawinata

Nadeo Argawinata telah menjadi langganan Timnas Indonesia sejak 2021. Namun, kiprahnya naik turun. Kadang sebagai starter, namun sering juga menjadi cadangan.

Di Piala Asia 2023, Nadeo hanya menjadi pelapis di bahwa mistar gawang Timnas Indonesia. Penjaga gawang berusia 26 tahun itu kalah bersaing dari Ernando Ari Sutaryadi.

Bersama Borneo FC di BRI Liga 1 musim ini, Nadeo tidak tergantikan. Bekas kiper Bali United itu selalu bermain dalam 26 pertandingan dengan kebobolan 19 gol dan mencatatkan sebelas clean sheet.

4 dari 5 halaman

Muhammad Sihran

Muhammad Sihran sedang on fire di BRI Liga 1 musim ini. Winger berusia 24 tahun tersebut selalu menjadi pemain utama Borneo FC dalam 13 pertandingan terakhir.

Sihran menyingkirkan Terens Puhiri yang mulai akrab sebagai pengganti di Borneo FC. Dalam lima penampilan terakhir, pemain berpostur 158 cm itu merangkum tiga assist dan satu gol.

Karena postur tubuhnya yang mungil, Sihran mempunyai kecepatan dan kelincahan di atas rata-rata. Dengan performanya pada saat ini, pemain kelahiran Ternate, Maluku Utara, itu pantas dijajal Timnas Indonesia.

5 dari 5 halaman

Stefano Lilipaly

Secara statistik, tidak ada alasan Stefano Lilipaly diabaikan lagi oleh Shin Tae-yong. Kecuali, terdapat faktor non-teknis yang menghalanginya mendapatkan kesempatan di Timnas Indonesia.

Lilipaly menjadi pemain pertama di BRI Liga 1 yang berhasil mencetak double-double pada musim ini. Winger berusia 34 tahun itu membukukan sebelas gol dan 16 assist dari 26 penampilan.

Lilipaly jarang diberikan kepercayaan masuk ke Timnas Indonesia sejak dilatih oleh Shin Tae-yong. Bahkan, eks Bali United dan Persija Jakarta ini tidak dipanggil untuk Piala Asia 2023.

Video Populer

Foto Populer