Sukses


Parade Bomber Lokal yang Paling Moncer di BRI Liga 1, Berpotensi Dipanggil Timnas Indonesia?

Bola.com, Jakarta Daftar pencetak gol terbanyak di BRI Liga 1 2023/2024 memang masih dikuasai penyerang asing. Di tengah persaingan ini, muncul beberapa bomber lokal yang cukup moncer.

Sampai saat ini, urutan empat teratas daftar top scorer BRI Liga 1 memang didominasi striker-striker asal Brasil. David da Silva (Persib Bandung) dan Alex Martins (Dewa United) menjadi raja sementara dengan koleksi 16 gol.

Jumlah itu disusul oleh dua penyerang asal Negeri Samba lainnya, Gustavo Almeida (15 gol) dan Junior Brandao (14 gol). Jika melihat daftar 10 besar, Stefano Lilipaly jadi satu-satunya pemain naturalisasi yang bisa bersaing dengan koleksi 11 gol.

Sejauh ini, hanya ada empat nama bomber lokal yang mampu menghasilkan jumlah gol yang cukup baik. Beberapa di antaranya juga menjadi penyumbang gol terbanyak di klubnya. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Ramadhan Sananta

Pada musim pertamanya memperkuat Persis Solo, performa Ramadhan Sananta bisa dibilang istimewa. Penyerang berusia 21 tahun ini sukses menyumbangkan tujuh gol dari 19 pertandingannya di BRI Liga 1 2023/2024.

Dengan jumlah itu, pemain asal Daik, Lingga, Kepulauan Riau, ini mengukuhkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak Laskar Sambernyawa. Jumlah ini setara dengan milik Fernando Rodriguez yang telah angkat kaki pada paruh musim lalu.

Sananta memang tak bisa mengukir banyak menit bermain bersama Persis. Koleksinya sempat terhambat karena harus absen beberapa kali untuk memenuhi panggilan tim nasional, baik di level U-23 maupun senior.

3 dari 5 halaman

Mohammad Khanafi

Penyerang Persik Kediri, Mohammad Khanafi, juga termasuk sebagai salah satu pemain lokal yang mampu mengukir catatan gol tinggi pada musim ini. Namanya sempat melejit pada putaran pertama BRI Liga 1 2023/2024.

Sebab, pada tiga pertandingan, tepatnya pada pekan ke-12 hingga 14, striker berusia 26 tahun itu berhasil menjaringkan lima gol. Satu gol dicetak ke gawang Persija Jakarta. Pada duel melawan Persikabo 1973 dan Bhayangkara FC, dia mencatatkan brace.

Golnya pada laga terakhir melawan Barito Putera pada pekan ke-26 menambah pundi-pundinya. Pemain asal Kediri itu pada musim ini sudah menyumbangkan enam gol dari 20 laganya bersama Macan Putih.

4 dari 5 halaman

Ricky Cawor

Salah satu pemain lokal yang juga menjadi pencetak gol terbanyak untuk klubnya ialah Ricky Cawor. Striker asal Merauke ini mampu mengemban tugas sebagai mesin gol PSS Sleman di BRI Liga 1 2023/2024.

Sejauh ini, Ricky Cawor sudah mencatatkan tujuh gol dan satu assist untuk tim Elang Jawa. Jumlah ini bisa dibilang termasuk dalam kategori yang tinggi karena dihasilkan dari 19 pertandingan.

Bekas pemain Persipura Jayapura itu memang harus absen cukup lama karena larangan bermain akibat hukuman kartu merah. Ricky absen sebanyak lima laga dan menghambatnya menambah koleksi gol untuk musim ini.

 

5 dari 5 halaman

Dedik Setiawan

Performa Arema FC memang tak begitu istimewa pada BRI Liga 1 musim ini. Namun, di tengah rumitnya masalah itu, Dedik Setiawan sukses menampilkan performa yang tajak di lini serang Singo Edan.

Striker asli Malang itu sukses mengepak delapan gol dan tiga assist dari 24 pertandingan. Ketajaman pemain berusia 29 tahun ini memang mengalami lonjakan yang amat drastis pada putaran kedua. 

Sebab, pada putaran pertama, dia harus berada di bawah bayang-bayang Gustavo Almeida yang mencetak 14 gol. Kini, peran menjebol gawang lawan diambil alih oleh pemain andalan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 ini. 

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer