Sukses


Tinggalkan Zona Degradasi, Arema FC Bisa ke Papan Tengah BRI Liga 1 dalam 7 Laga Tersisa

Bola.com, Malang - Pekan ke-27 BRI Liga 1 terasa spesial bagi Arema FC karena berhasil meninggalkan zona degradasi. Tim berjulukan Singo Edan itu naik ke peringkat ke-15 klasemen BRI Liga 1 dengan torehan 30 poin.

Arema FC mengungguli Persita Tangerang yang menelan kekalahan dari Borneo FC pada pekan ini. Sementara Arema FC berhasil menang 1-0 atas Persikabo 1973.

Keberhasilan Singo Edan lepas dari zona merah memang tidak lepas dari tiga kemenangan beruntun yang mereka raih, yakni atas RANS Nusantara FC, Persija Jakarta, dan Persikabo 1973.

Kehadiran pelatih baru, Widodo C Putro, juga memberikan efek positif. Namun, seperti apa kans Arema FC selanjutnya, mengingat masih ada tujuh laga tersisa.

Jika melihat calon lawan yang akan dihadapi, ada kans Arema FC bisa naik ke papan tengah klasemen BRI Liga 1, karena mayoritas lawan yang akan dihadapi berkutat di papan tengah dan bawah.

Bisa diprediksi Arema FC memiliki kans mendulang kemenangan dalam empat laga ke depan, seperti ketika menghadapi Bhayangkara FC, Persita Tangerang, Persebaya Surabaya, dan PSS Sleman. Alasannya, keempat tim itu sedang tidak stabil.

Sementara tiga laga terakhir Arema FC baru akan terasa berat, seperti menghadapi Borneo FC, PSM Makassar, dan Madura United.

Alasannya, Borneo FC dan Madura United kini bersaing di papan atas. Sementara itu PSM ada di papan tengah. Tim asal Makassar itu merupakan juara Liga 1 musim lalu, sehingga mereka masih tergolong tim yang kuat.

2 dari 5 halaman

Target Lolos dari Degradasi

Ketika ditanya mengenai target ke depan, pelatih Arema FC, Widodo C Putro, tidak ingin terlalu percaya diri. Dia masih berpegang kepada target awal yang diberikan oleh manajemen.

"Satu yang pasti, saya berusaha memberikan yang maksimal. Tentunya lolos dari degradasi dulu," terang mantan pelatih Deltras FC itu.

Widodo tidak ingin cepat puas dengan apa yang diraih Arema FC saat ini, karena dalam tujuh pertandingan, jika lengah Singo Edan bisa kembali ke zona degradasi.

"Semua pertandingan penting. Tidak boleh fokus kepada satu lawan tertentu, tapi lainnya justru kehilangan poin," lanjutnya.

Salah satu laga kunci Arema FC, yakni pada pekan ke-29. Singo Edan akan menghadapi Persita Tangerang. Seperti diketahui, Persita besaing ketat dengan Singo Edan untuk lepas dari jerat degradasi.

3 dari 5 halaman

Tak Ada Target Poin

 

Biasanya setiap tim memiliki target poin dalam satu musim, terutama jelang kompetisi berakhir. Namun, Arema FC tidak melakukan perhitungan target poin. Mereka memilih fokus untuk menang dalam setiap pertandingan.

"Tidak ada target khusus kalau soal poin. Terpenting berikan yang maksimal setiap pertandingan," tegas Widodo.

Pelatih berusia 53 tahun itu juga tidak melarang jika anak buahnya memberikan kalkulasi sendiri tentang peluang selamat dari ancaman degradasi.

"Kami tidak bisa melarang pemain untuk melihat klasemen. Mereka pasti lihat dan tahu harus berbuat apa jika ingin bertahan di Liga 1," imbuhnya.

4 dari 5 halaman

7 Laga Tersisa yang Dijalani Arema FC di BRI Liga 1

 

  • Arema FC vs Bhayangkara FC (6/3/2024)
  • Persita Tangerang vs Arema FC (13/3/2024)
  • Arema FC vs Persebaya Surabaya (27/3/2024)
  • PSS Sleman vs Arema FC (2/4/2024)
  • Borneo FC vs Arema FC (15/4/2024)
  • Arema FC vs PSM Makassar (19/4/2024)
  • Madura United vs Arema FC (28/4/2024)
5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer