Sukses


Terungkap Penyebab Maarten Paes Tidak Masuk Skuad Timnas Indonesia Vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Tiga dari empat pemain yang masih dalam proses naturalisasi dipanggil oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk melawan Timnas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ketiganya adalah Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen, dan Thom Haye. Namun, Shin Tae-yong tidak menyertakan Maarten Paes. Mengapa demikian?

Padahal, kiper FC Dallas di Major League Soccer (MLS) ini juga sedang menjalani tahapan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) berbarengan dengan Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen, dan Thom Haye.

Keempatnya dijadwalkan akan datang ke Indonesia pada 11 Maret 2024 dan bakal diambil sumpah kewarganegaraan RI pada sehari berselang.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Perpindahan Federasi

Sesudahnya, PSSI akan mengurus perpindahan federasi Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Maarten Paes dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) di FIFA.

Lampu hijau dari FIFA menjadi syarat untuk keempatnya agar bisa membela Timnas Indonesia menghadapi Vietnam dalam lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F pada akhir bulan ini.

Tim berjulukan Skuad Garuda itu bakal lebih dulu menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada 21 Maret 2024 dan bertandang ke Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, pada lima hari berselang.

3 dari 4 halaman

Terganjal Statuta FIFA

Masalahnya, perpindahan federasi Maarten Paes dapat terganjal berdasarkan Statuta FIFA Pasal ke-9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf b ayat ketiga.

"Ketika diturunkan dalam pertandingan resmi terakhirnya dalam kompetisi apa pun untuk asosiasinya saat ini, ia belum menginjak usia 21 tahun," tulis aturan tersebut.

Sebelumnya, Maarten Paes pernah dua kali memperkuat Timnas Belanda U-19, dua kali di Timnas Belanda U-20, dan enam kali untuk Belanda U-21.

4 dari 4 halaman

Penjelasan PSSI

Penampilan terakhir Maarten Paes di level timnas adalah bersama Belanda U-21 ketika berlaga selama 90 menit melawan Timnas Belarusia dalam babak Kualifikasi Euro U-21 2021 pada 15 November 2020.

Ketika itu, Maarten Paes yang lahir di Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998, telah berumur 22 tahun.

"Mungkin setelah dihitung-hitung, waktunya tidak cukup untuk naturalisasi Maarten Paes," imbuh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI sekaligus manajer Timnas Indonesia, Endri Erawan.

Video Populer

Foto Populer