Sukses


Jose Wilkson Bangga Cetak Sejarah Bawa Malut United Promosi ke Liga 1

Bola.com, Jakarta - Jose Wilkson tidak bisa menyembunyikan kebahagiaannya setelah membawa Malut United menang, Sabtu (09/03/2024).

Jose Wilkson mencetak sejarah baru dengan menundukkan Persiraja Banda Aceh di Stadion Madya GBK, Jakarta.

Kemenangan di laga itu terasa istimewa karena duel itu merupakan leg kedua perebutan tempat ketiga Pegadaian Liga 2 2023/2024.

Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 0-0, tapi kali ini Malut United menang 3-2 sebagai tuan rumah. Ya, Malut United sukses promosi ke Liga 1 2024/2025.

Menariknya, Persiraja sebenarnya dua kali unggul dalam laga ini. Pertandingan sempat berakhir 1-1 yang semua golnya dari titik putih.

Persiraja unggul dulu lewat Zikri Ferdiansyah (32’), dan Malut United membalasnya melalui Frets Butuan (45+9’).

Duel lantas dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Persiraja lagi-lagi unggul dulu berkat Ramadhan (91’). Dalam kondisi tertinggal, muncul gol balasan dari Dave Mustaine (104’).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jose Wilkson Mencetak Gol Kemenangan

Di sinilah peran Jose Wilkson lantas muncul. Striker asal Brasil itu mencetak gol penentu kemenangan (115’).

Dia menyambut umpan silang Ilham Udin Armaiyn dan mengonvesinya jadi gol dengan sundulan. Skor agregat 3-2 untuk Malut United.

“Perasaan yang luar biasa. Itu adalah pertandingan bersejarah yang memenuhi mata yang menonton, dan saya mampu membantu Malut United mencapai promosi ke Liga 1,” kata Wilkson kepada Bola.com, Minggu (10/3/2024).

“Emosi menguasai saya dan saya bersyukur kepada Tuhan atas segalanya. Dan kepada seluruh suporter Maluku Utara,” imbuhnya.

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Sejarah Baru Malut United

Ini merupakan sejarah baru bagi Malut United. Sebab, klub itu sebelumnya bernama Putra Delta Sidoarjo. Mereka lantas memindah basis kotanya dan mengganti nama Malut United sejak Liga 2 musim ini.

Malut United sendiri merupakan tim dengan materi pemain yang sangat berkualitas. Di bawah arahan pelatih Imran Nahumarury, mereka memiliki banyak pemain yang merupakan jebolan klub Liga 1.

Sebut saja Bagus Nirwanto, Ilham Udin Armaiyn, Finky Pasamba, Hendra Bayauw, Hari Nur Yulianto, Wawan Febrianto, Joko Ribowo, Alwi Slamat, Frets Butuan, dan Jose Wilkson sendiri tentu saja.

Di Liga 2 musim ini, Malut United sempat tampil kurang meyakinkan di Grup 2. Naga Gamalama harus bersaing dengan Bekasi City, PSIM Yogyakarta, Nusantara United, Perserang Serang, Persikab Bandung, dan PSKC Cimahi.

 

4 dari 4 halaman

Pengalaman Buruk Jose Wilkson di Persela

Pada akhirnya, Malut United sukses menembus 12 besar dan masuk Grup Y yang juga berisikan Deltras FC, Persela Lamongan, dan Bekasi City. Hasilnya, Malut United tidak terkalahkan dengan hasil dua menang dan empat seri dalam enam laga.

Di semifinal lalu, Malut United gagal melaju ke final karena kalah agregat 1-2 dari Semen Padang. Beruntung, masih ada tiket promosi lewat pertandingan perebutan tempat ketiga dan itu berhasil mereka menangkan.

Jose Wilkson sendiri pernah memiliki pengalaman minor di Indonesia. Dia membela Persela Lamongan di Liga 1 2021/2022 yang akhirnya terdegradasi dan harus turun kasta ke Liga 2.

Setelah dua tahun berlalu, Wilkson akhirnya membukukan catatan promosi ke Liga 1 bersama klub lain. Total, striker berusia 31 tahun itu menyumbang sembilan gol dalam 16 penampilan bersama Malut United musim ini.

Video Populer

Foto Populer