Sukses


Pengamat Sebut Hadirnya 3 Tim Promosi Bikin BRI Liga 1 Musim Depan Makin Kompetitif: Butuh Konsistensi

Bola.com, Jakarta - Hadirnya tiga tim promosi; PSBS Biak, Semen Padang, dan Malut United akan membuat BRI Liga 1 musim depan makin kompetitif. Opini tersebut disampaikan pengamat sekaligus pelatih sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto.

Seperti diketahui, PSBS Biak meraih tiket promosi setelah menumbangkan Semen Padang di laga final Pegadaian Liga 2 2023/2024. Adapun Malut United naik kasta seusai menyingkirkan Persiraja Banda Aceh pada perebutan tempat ketiga.

"Saya kira kompetisi Liga 1 musim depan lebih kompetif dengan kehadiran tiga tim yang naik kasta, tidak saja persaingan dari segi teknis namun dari segi non teknis dari letak geografis memberikan tantangan tersendiri bagi tim-tim yang akan melakukan perjalanan jauh di setiap pulau," ujar Erwan kepada Bola.com, Rabu (13/3/2024) siang.

"Tentu saja ketiga tim juga harus membuktikan bisa bersaing dengan tim-tim besar di BRI Liga 1 yang secara kualitas tim dan pengalaman jauh lebih kuat," sambung mantan pelatih PSIM Yogyakarta itu.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Makin Meriah

Ketiga tim ini menjadikan Liga 1 musim depan lebih semarak karena seluruh pulau besar di Indonesia akan memiliki wakil. Semen Padang jadi perwakilan Sumatera dan PSBS Biak menjadi utusan Papua.

"Persaingan menjadi lebih kompetitif mengingat musim depan benar-benar menjadi Liga Indonesia karena hampir setiap pulau mempunyai wakil di Liga 1," kata Erwan Hendarwanto.

"Kehadiran PSBS Biak untuk pertama kalinya bermain di Liga 1 akan memberikan warna tersendiri karena beberapa musim ini tanah Papua tidak mempunyai wakil setelah Persipura Jayapura terdegradasi, mudah-mudahan bertaburnya pemain bintang saat bermain di Liga 2 terus dilanjutkan saat bermain di Liga 1," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Debutan

Lolosnya Malut United menjadi prestasi tersendiri bagi tim besutan Imran Nahumarury itu. Sama seperti PSBS, Malut juga untuk kali pertama merasakan panggung Liga 1 musim depan. Istimewanya lagi, pencapaian itu diraih Laskar Kie Raha dalam kurun waktu tiga tahun saja.

Malut United sebelumnya bernama Putra Delta Sidoarjo yang berdiri pada 2021. Klub ini kemudian diakuisisi dan berganti nama menjadi Maluku Utara United pada Januari 2023.

"Malut United hampir sama dengan PSBS, baru terbentuk dan langsung promosi ke Liga 1 dengan skuad mewahnya, serta setelah sekian lama Maluku tidak ada wakil di kasta tertinggi, tentu saja akan memberikan persaingan yang lebih solid musim depan," ulasnya.

4 dari 5 halaman

Lebih Berpengalaman

Lantas bagaimana dengan Semen Padang? Dari dua tim kontestan lainnya, Semen Padang lah yang memiliki pengalaman panjang di strata tertinggi sepak bola nasional. Mereka kerap naik turun kasta.

"Dari ketiga tim yang promosi saya kira Semen Padang lebih berpengalaman bermain di kasta tertinggi. Sempat naik turun kasta, kita berharap Semen Padang bisa lebih konsisten musim depan," ucap Erwan.

"Sehingga pengalaman yang sudah mereka lalui tidak sekadar numpang lewat saja. Kalau melihat materi yang ada, ketiga tim yang promosi memang Semen Padang harus lebih banyak berbenah untuk menambah kekuatan dari sisi materi pemain supaya bisa bersaing di Liga 1," pungkasnya.

5 dari 5 halaman

Intip Persaingan di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer