Sukses


Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Belum Bisa Disumpah WNI, Dikabarkan Balik Kanan ke Belanda: Gagal Deh Perkuat Timnas Indonesia!

Bola.com, Jakarta - Dua calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, belum bisa diambil sumpah kewarganegaraan RI pada Rabu (13/3/2024).

Bahkan, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen dikabarkan telah kembali ke Belanda pada Selasa (12/3/2024) bersama Nathan Tjoe-A-On, yang baru dilantik menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Senin (11/3/2024).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, mengatakan bahwa dokumen naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen masih menunggu tanda tangan dari Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Sesudah itu, Presiden RI, Jokowi, akan menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) untuk Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen diikuti dengan pengambilan sumpah oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Penjelasan Menpora

"Sekarang, sedang menunggu ditandatangani oleh Ketua DPR. Setelah itu, langsung bisa diproses Keppres dan pelantikan sebagai WNI," ujar Dito.

"Belum bisa disumpah pada hari ini. Kabarnya, hari ini akan ditandatangani oleh Ketua DPR. Kami juga masih menunggu," ungkap Menpora berusia 33 tahun tersebut.

Bersama Ketua PSSI, Erick Thohir, Dito menjelaskan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan DPR demi tanda tangan Puan untuk dokumen naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen.

3 dari 3 halaman

Terancam Batal Membela Timnas Indonesia

"Dari tadi, saya bersama Pak Erick Thohir sedang berkoordinasi terus dengan DPR. Semoga pada hari ini, Ibu Puan bisa menandatangani naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen," tutur Dito.

Sementara itu, terkait kabar kepulangan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen ke Belanda pada Selasa (12/3/2024), Bola.com telah bertanya kepada anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, namun belum direspons hingga berita ini tayang.

Jika naturalisasinya tidak bisa tuntas dalam waktu dekat, maka Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen terancam gagal membela Timnas Indonesia kontra Timnas Vietnam dalam lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F pada 21 dan 26 Maret 2024.

 

Video Populer

Foto Populer