Sukses


Soal Kans Bela Timnas Indonesia Vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Nadeo Argawinata: Pelatih Tahu yang Terbaik

Bola.com, Jakarta - Nadeo Argawinata berbicara soal peluang menjadi starter kala Timnas Indonesia berhadapan dengan Timnas Vietnam dalam lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F. Kedua tim dijadwalkan menjalani dua laga home and away.

Tim berjulukan Garuda itu akan lebih dulu menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024). Lima hari berselang, giliran Timnas Indonesia yang bertandang ke markas Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi.

Saat ini, Tim Merah-Putih menjadi juru kunci Grup F dengan torehan satu poin dari dua laga yang dijalani. Hasil itu didapat setelah Indonesia takluk 1-5 dari Timnas Irak pada 16 November 2023 dan ditahan imbang 1-1 Timnas Filipina (21/11/2023).

Total ada 28 pemain yang dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong di skuad Garuda. Selain pemain liga lokal, arsitek asal Korea Selatan itu juga menyertakan sejumlah pemain abroad atau yang berkarier di luar negeri.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pelatih Lebih Tahu

Di posisi penjaga gawang, ada tiga nama yang turut dibawa Shin Tae-yong. Selain Nadeo Argawinata, adapula kiper PSIS Semarang, Adi Satryo dan Muhammad Riyandi (Persis Solo).

Adapun penjaga gawang utama Timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi harus tersisih karena masih menjalani pemulihan cedera. Cedera Ernando didapat saat membela Persebaya Surabaya di BRI Liga 1.

Perihal situasi persaingan di pos penjaga gawang, Nadeo Argawinata memberikan komentarnya. Dia menyebut, siapapun yang diturunkan di laga kontra Vietnam sudah menjadi pilihan terbaik pelatih.

"Saya enggak fokus untuk siapa yang bermain melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia," ujar Nadeo Argawinata.

"Karena kita tahu sendiri kiper utama tim nasional sedang mengalami cedera, berarti siapapun yang turun besok melawan Vietnam pasti yang terbaik menurut pelatih," sambung kiper Borneo FC itu.

3 dari 5 halaman

Mulai Tersisih

Nadeo Argawinata yang lama menjadi kiper utama perlahan mulai tersisih. Sosok 27 tahun itu sempat tak dipanggil ke Piala Asia 2023. Dia akhirnya masuk skuad lantaran Syahrul Trisna cedera.

Sepanjang turnamen di Qatar, Ernando Ari selalu bermain. Dia tampil sebanyak empat kali. Streak Ernando di bawah mistar Garuda akan terhenti dan membuka lagi perebutan kiper utama.

Ketimbang dua kiper lainnya di daftar skuad Garuda, Nadeo lah yang terbilang memiliki peluang besar untuk tampil. Mantan pemain Bali United itu juga punya pengalaman internasional lebih banyak. Plus sedang menjadi kiper di tim terbaik BRI Liga 1 musim ini.

4 dari 5 halaman

Doakan yang Terbaik

Yang pasti, Nadeo Argawinata berharap Timnas Indonesia bisa menunjukkan penampilan terbaik di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kemenangan atas Vietnam membuka asa Garuda melaju ke babak selanjutnya.

"Semoga bisa membawa hasil maksimal untuk Timnas Indonesia dengan pemain barunya, tolong suporter untuk mendukung negaranya sendiri," harap Nadeo Argawinata.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

  • Kamis, 21 Maret 2024
  • Timnas Indonesia Vs Vietnam
  • Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
  • Kick-off: 20.30 WIB
  • Selasa, 26 Maret 2024
  • Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • Stadion My Dinh, Hanoi
  • Kick-off: 19.00 WIB

Video Populer

Foto Populer