Sukses


Erick Thohir: Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Diambil Sumpah Minggu Depan

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, menargetkan dua pemain keturunan yang diproyeksikan membela Timnas Indonesia, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, akan diambil sumpah kewarganegaraan RI pada pekan depan.

Saat ini, PSSI masih menunggu penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) dari Presiden RI, Jokowi, kepada Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen yang akan keluar dalam satu sampai dua hari ke depan.

Pada 11 Maret 2024, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen sempat datang ke Indonesia bersama penain diaspora lainnya, Nathan Tjoe-A-On.

Namun hanya Nathan Tjoe-A-On yang dilantik sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada 11 Maret 2024. Sementara, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen masih menunggu berkas naturalisasinya ditandatangan oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani.

 

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Terlanjur Kembali ke Belanda

Pada Rabu (13/3/2024), dokumen naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen telah diteken oleh Puan. Namun, keduanya bersama Nathan sudah telanjur kembali ke Belanda pada Selasa (12/3/2024).

"Terima kasih kepada pimpinan DPR yang sudah mendukung naturalisasi, dilanjutkan dengan rapat Komisi III dan Komisi X DPR yang berjalan lancar," ujar Erick Thohir di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, pada Kamis (14/3/2024).

"Tapi, karena kebetulan ada libur, termasuk saya dan fan sepak bola, ya memang libur. Jadi, kami harus menunggu suratnya. Alhamdulillah, surat dari pimpinan DPR sudah keluar," jelas Erick Thohir.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Menunggu Keppres

Erick Thohir mengatakan bahwa naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen sedang diproses oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) untuk pembuatan Keppres oleh Jokowi.

"Semoga 1-2 hari ini Pak Presiden bisa mengeluarkan suratnya dan minggu depan, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen diangkat sumpah," tutur Erick Thohir.

Dengan begitu, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen akan kembali ke Indonesia. Keduanya juga dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk melawan Timnas Vietnam.

 

 

4 dari 4 halaman

Absen dalam Leg Pertama

Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen sudah dipastikan absen ketika Timnas Indonesia menjamu Vietnam dalam leg pertama putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada 21 Maret 2024.

Namun, keduanya diproyeksikan untuk memperkuat Timnas Indonesia ketika menantang Vietnam dalam pertemuan kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, pada lima hari berselang.

Video Populer

Foto Populer