Sukses


5 Hari Jelang Timnas Indonesia Vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ini Modal Terbesar Armada Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan melanjutkan perjuangannya di kualifikasi Piala Dunia 2026. Tim asuhan Shin Tae-yong akan menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Kamis (21/3/2024) malam.

Tim arahan Shin Tae-yong itu kini berada di dasar klasemen Grup F dengan hanya satu poin. Mereka sebelumnya, kalah 1-5 dari Irak dan bermain 1-1 kontra Filipina dalam pertandingan yang digelar pada November 2023 lalu.

Bicara ranking FIFA, Vietnam tentu lebih unggul dengan menghuni posisi ke-105. Bandingkan dengan Timnas Indonesia yang kini masih berada di peringkat ke-142.

Publik Vietnam sendiri sedang mengalami kekhawatiran dengan kondisi terkini di kualifikasi Piala Dunia 2026 ini. Sebab, mereka sebelumnya menduduki posisi ke-94 atau 100 besar dan kini mengalami kemerosotan peringkat.

Kekhawatiran publik Vietnam tentu cukup beralasan karena mereka masih akan menghadapi Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Mereka akan berjumpa dengan Timnas Indonesia sebanyak dua kali beruntung pada 21 dan 26 Maret 2024 nanti.

Bicara babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Vietnam sebenarnya mendapatkan hasil yang cukup apik dalam dua pertandingan sebelumnya dengan mengoleksi tiga poin. Mereka sempat menang 2-0 atas Filipina (16 November 2023) sebelum akhirnya kalah 0-1 kontra Irak (21 November 2023).

Kini, Timnas Vietnam mulai serius untuk mempertimbangkan pertemuan dengan Timnas Indonesia pada Maret nanti. Mereka tak ingin kehilangan poin untuk setidaknya menduduki posisi runner-up di bawah Irak untuk melaju ke babak ketiga

Jika kalah pada Maret nanti, itu artinya Vietnam membiarkan Timnas Indonesia menambah enam poin. Situasi itu tentu akan semakin menyulitkan mereka.

Selain dua pertandingan beruntun kontra Timnas Indonesia, Vietnam masih akan menghadapi Filipina (6 Juni 2024) dan Irak (11 Juni 2024). Berikut Bola.com telah mengulas modal terbesar armada Shin Tae-yong dalam menghadapi Vietnam. Simak ulasannya:

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Atmosfer SUGBK

Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) kini sedang menjadi perbincangan bagi publik Vietnam. Sebab, mereka akan bertanding di stadion berkapasitas 80 ribu penonton itu dalam situasi tekanan pendukung tuan rumah.

Beberapa pemain Vietnam menyatakan tidak masalah menghadapi atmosfer stadion yang memanas dengan kehadiran penonton dalam jumlah yang banyak. Tapi, justru inilah yang membuat mereka agak segan di pertandingan nanti.

Harga tiket yang beragam dengan pertandingan digelar malam hari tentu akan semakin menambah antusias suporter tanah air. Tiket paling murah dijual Rp100 ribu, sedangkan termahal adalah Rp750 ribu.

Sebelumnya, tiket eksklusif presale bahkan sudah ludes terjual dengan sebanyak 12 ribu lembar tiket. Angka itu berpotensi semakin meningkat dan tentu akan menambah semangat para pemain Timnas Indonesia bertanding di hadapan suporter.

3 dari 5 halaman

Perang Urat Syaraf

Hasil Piala Asia 2023 telah menjadi cermin bagi Vietnam. Dari tiga kekalahan fase grup, pertandingan melawan Timnas Indonesia jadi sorotan.

Sebab, itu jadi satu-satunya pertandingan bagi Vietnam gagal mencetak gol, berbeda saat bersua Irak maupun Jepang.

Timnas Vietnam mengalami periode yang buruk selama Piala Asia 2023 lalu. Mereka selalu kalah dalam tiga laga fase grup, yakni kontra Jepang (2-4), Indonesia (0-1), dan Irak (2-3).

Vietnam tentu tidak ingin menelan kekalahan lagi melawat Timnas Indonesia. Mereka mengusung misi balas dendam setelah di Piala Asia 2023 lalu gagal memetik kemenangan.

Di sisi lain, justru kemenangan di Piala Asia 2023 itu membuat Timnas Indonesia lebih percaya diri menghadapi Vietnam. Kini, Shin Tae-yong tentu mengincar kemenangan kedua atas Vietnam masih di tahun yang sama.

4 dari 5 halaman

Misi Balas Dendam

Pihak Vietnam masih terus melontarkan perang urat saraf sebelum melakoni lawatan ke Indonesia. Suara paling santer yang terdengar adalah sindiran mereka terhadap keberadaan sejumlah pemain naturalisasi.

Itu dimulai dari bek Do Duy Manh yang menyebut Timnas Indonesia memiliki 11 pemain naturalisasi, padahal kenyataannya hanya delapan. Dia bahkan melontarkan sindiran apakah akan menghadapi Indonesia atau Belanda.

Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), Tran Anh Tu, juga menyinggung keberadaan pemain naturalisasi di Indonesia.

“Belakangan ini, Timnas Indonesia telah memperkuat diri dengan kedatangan sekitar sepuluh pemain naturalisasi untuk mempersiapkan pertandingan melawan Vietnam,” ujar Tran Anh Tu dinukil dari laman VFF.

“Hal ini menunjukkan tekad mereka yang sangat besar, terutama dalam konteks Vietnam yang juga mengalami banyak cedera. Namun, Vietnam memiliki semangat yang baik.”

Hal itu kemudian membuat Ketum PSSI Erick Thohir bereaksi. Dia membalas dengan mengatakan itu hal yang wajar karena Vietnam sedang bingung melihat perkembangan pesat Timnas Indonesia.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

  • Kamis, 21 Maret 2024
  • Timnas Indonesia Vs Vietnam
  • Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
  • Kick-off: 20.30 WIB
  • Selasa, 26 Maret 2024
  • Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • Stadion My Dinh, Hanoi
  • Kick-off: 19.00 WIB

Video Populer

Foto Populer