Sukses


Daftar Pemain Cedera Jelang Laga Timnas Indonesia Vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Siapa Untung, Siapa Buntung?

Bola.com, Jakarta - Terdapat perubahan jumlah dan daftar pemain Timnas Indonesia untuk melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah tiga pemain cedera. Berikut daftar 26 pemain Timnas Indonesia vs Vietnam.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong sebelumnya mengumumkan 28 pemain untuk menghadapi Vietnam pada 21 Maret dan 26 Maret. Namun, STY harus melakukan perubahan nama pemain dalam skuad setelah Jordi Amat, Elkan Baggott, dan Yance Sayuri absen karena cedera.

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Kamis (21/3/2024) malam WIB dan di Hanoi, lima hari kemudian. Tim Garuda tak bisa diperkuat tiga pemain penting pada laga itu.

"Tiga pemain, yakni Jordi Amat, Elkan Baggott, dan Yance Sayuri dipastikan absen memperkuat timnas Indonesia melawan Vietnam. Hal ini karena tiga pemain tersebut mengalami cedera," begitu pengumunan dari PSSI.

Alhasil saat ini skuad Timnas Indonesia diisi oleh 26 pemain. Ada Arkhan Fikri yang kini ada di skuad Garuda. Pemain Arema FC itu baru mendapatkan panggilan empat hari yang lalu. Arkhan diproyeksikan menggantikan posisi posisi yang ditinggalkan Jordi Amat, Yance Sayuri, dan Elkan Baggott.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kabar Buruk

Bagi Timnas Indonesia, absennya Baggott, Jordi Amat, dan Yance Sayuri menjadi sebuah kerugian. Sebab ketiganya termasuk pemain potensial untuk bermain jika dalam kondisi prima, kecuali Yance Sayuri yang sering menjadi pelapis.

Yance Sayuri merupakan pemain inti di klubnya, PSM Makassar. Musim ini ia memainkan 31 laga di semua kompetisi, mencetak dua gol dan dua assist. Potensi itu yang membuatnya dilirik Shin Tae-yong. Pemain berusia 26 tahun itu baru memiliki satu kali caps di tim Merah Putih saat bermain melawan Burundi dalam uji coba 28 Maret 2023, dan bermain selama 81 menit.

Yang menjadi kabar buruk tentu adalah absennya Elkan Baggott dan Jordi Amat. Keduanya adalah tembok di jantung pertahanan Timnas Indonesia. Baggott total memiliki 23 caps bersama Timnas Indonesia, termasuk aksinya di Piala Asia 2023 kemarin. Dengan postur tinggi, Baggott sulit dilewati pemain lawan.

Sementara Jordi Amat dengan pengalaman yang dimiliki, punya 14 caps dengan seragam Timnas Indonesia. Termasuk empat laga skuad Garuda di ajang Piala Asia 2023 di Qatar akhir tahun lalu. Selain sebagai pemain belakang yang lugas, Jordi Amat dikenal memiliki kepiawaian umpan-umpan terukur.

3 dari 5 halaman

Badai Cedera Vietnam

Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier, mengumumkan 28 nama pemain yang akan dibawa untuk menghadapi Timnas Indonesia pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Deretan nama pemain Timnas Vietnam yang dipanggil ini bakal menjadi tulang punggung skuad The Golden Star saat menghadapi dua pertandingan melawan Timnas Indonesia pada 21 dan 26 Maret 2024.

Sebetulnya, Philippe Troussier sempat memanggil 33 pemain untuk menjalani persiapan jelang lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ini. Namun, akhirnya ada lima pemain yang harus tereliminasi.

Lima nama pemain yang dimaksud, yakni Nguyen Hai Long, Truong Tienh Anh, Giap Tuan Duong, Nguyen Cong Phuong, dan Do Duy Manh. Mereka harus absen karena berbagai alasan, termasuk faktor cedera.

4 dari 5 halaman

Jadi Pincang?

Vietnam dipastikan tanpa bek yang penuh kontroversial, Doan Van Hau. Ia harus absen dalam ajang Piala Asia 2023 hingga sekarang. Pemain berusia 24 tahun masih belum pulih dari cedera tumit.

Beberapa media Vietnam, termasuk Bongda24h, menyebut Doan Van Hau dipastikan absen melawan Indonesia. Namun, sejauh ini pelatih Philippe Troussier belum mengumumkan nama pemain yang bakal dibawa. Doan Van Hau adalah salah satu pemain yang banyak tidak disukai fans sepakbola Indonesia. Dia dianggap punya kebiasaan bermain kasar.

Nguyen Cong Phuong sendiri sebelumnya absen perkuat Vietnam selama enam bulan akibat cedera yang sama.

Kehilangan Nguyen Cong Phuong karena cedera merupakan kerugian besar bagi Vietnam, terutama menjelang duel dengan timnas Indonesia yang semakin dekat. Pertandingan tersebut dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 21 Maret 2024.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

  • Kamis, 21 Maret 2024
  • Timnas Indonesia Vs Vietnam
  • Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
  • Kick-off: 20.30 WIB
  • Selasa, 26 Maret 2024
  • Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • Stadion My Dinh, Hanoi
  • Kick-off: 19.00 WIB

Video Populer

Foto Populer