Sukses


Membedah Formasi Timnas Indonesia Vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Peluang Starter Bagi Debutan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia memiliki misi wajib menang saat menghadapi Vietnam dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Laga itu akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam WIB.

Kemenangan memang satu-satunya cara untuk menjaga peluang lolosnya Timnas Indonesia ke fase selanjutnya. Saat ini tim asuhan Shin Tae-yong baru mengoleksi satu poin dari dua laga.

Torehan satu poin itu membuat posisi Timnas Indonesia cukup terjepit. Tim Garuda pun ada di posisi keempat alias juru kunci klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Sementara di sisi lain, Timnas Vietnam ada di posisi yang lebih baik yakni di posisi kedua klasemen sementara. Do Hung Dung dan kawan-kawan mengoleksi tiga poin dari dua pertandingan.

Bola.com mencoba membedah prakiraan formasi yang mungkin akan dipakai oleh pelatih dari kedua tim pada pertandingan nanti. Simak ulasannya di bawah ini?

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Peluang Sang Debutan

Dua bek tengah yang biasa menjadi andalan di lini belakang Timnas Indonesia harus absen pada laga ini. Dua pemain yang dimaksud adalah Elkan Baggott dan Jordi Amat.

Kondisi itu membuat Shin Tae-yong harus melakukan perubahan di lini belakang Timnas Indonesia. Jay Idzes bisa mendapatkan debutnya pada laga ini.

Shin diperkirakan akan memasang Idzes sebagai satu dari tiga bek tengah dalam formasi 3-4-3. Jay Idzes akan ditemani Rizky Ridho, dan Sandy Walsh.

Yakob Sayuri menjadi opsi paling masuk akal di posisi wing back kanan. Yakob menggantikan posisi Asnawi Mangkualam yang harus absen. Sementara di sisi kiri, ada Pratama Arhan yang bisa diandalkan.

Untuk dua gelandang di tengah, ada Justin Hubner dan Ivar Jenner. Kerja sama keduanya di lini tengah Timnas Indonesia sudah terbukti di Piala Asia 2023.

3 dari 4 halaman

Tantangan Lini Depan

Sementara di lini depan, trio Marselino Ferdinan, Rafael Struick, dan Witan Sulaeman bisa menjadi opsi yang cukup masuk akal. Terutama jika Ragnar Oratmangoen masih belum bisa dimainkan.

Lini depan Timnas Indonesia akan mendapatkan tantangan hebat pada laga ini. Sebab, Vietnam akan menerapkan strategi defensif yang sangat ketat.

Sementara itu di posisi penjaga gawang, Nadeo Argawinata adalah pilihan yang masuk akal. Nadeo tengah tampil apik bersama Borneo FC Samarinda. Ia pun memiliki motivasi tinggi untuk membuktikan kualitasnya.

4 dari 4 halaman

Pemain Penting Kembali

Sementara di sisi lain, Vietnam tampaknya akan tampil lebih defensif. Formasi 5-4-1 bia diterapkan oleh Philippe Troussier saat menghadapi Indonesia. Ada sosok kiper naturalisasi, Filip Nguyen yang akan menjadi andalan di bawah mistar.

Philippe Troussier mendapatkan tambahan tenaga baru pada laga ini. Para pemain penting Vietnam yang absen di Piala Asia 2023 mulai pulih.

Misalnya sang striker andalan, Nguyen Tien Linh. Pemain satu ini bisa menjadi andalan Vietnam di posisi ujung tombak saat menghadapi Timnas Indonesia.

Nguyen Hoang Duc yang juga absen di Piala Asia 2023 juga sudah kembali. Huang Duc adalah salah satu anak emas di sepak bola Vietnam saat ini.

Video Populer

Foto Populer