Sukses


BRI Liga 1: Berpeluang Gantikan Ernando Ari yang Ikut Timnas Indonesia Vs Vietnam, Andhika Siapkan Mental Hadapi Arema FC

Bola.com, Surabaya - Kiper Persebaya Surabaya, Andhika Ramadhani, hampir dipastikan tampil melawan Arema FC. Sebab, penjaga gawang utama Ernando Ari harus membela Timnas Indonesia yang akan menghadapi Vietnam, Selasa (26/3/2024) malam.

Di sisi lain, Persebaya sedang bersiap melakoni lawatan ke markas Arema FC. Duel bertajuk Derbi Jatim itu bakal tersaji dalam pekan ke-30 BRI Liga 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (27/3/2024).

Situasi itu menguntungkan bagi Andhika karena mustahil Ernando akan tampil juga untuk Persebaya. Namun, Andhika menolak anggapan bahwa dia sudah mendapat jaminan menit bermain di laga bertajuk Derbi Jatim itu.

“Saya tidak akan bilang bahwa saya sudah ada jaminan main melawan Arema FC. Situasinya tidak seratus persen saya pasti main, masih ada kiper lain juga. Apapun yang terjadi, saya tetap harus berjuang keras untuk mendapat kesempatan main,” ucap Andhika kepada Bola.com.

 --

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Jangan Hilang Fokus

Andhika Ramadhani sendiri kini sedang dalam performa terbaik. Dia tampil dalam lima pertandingan BRI Liga 1 2023/2024 dan mampu membukukan dua clean sheet serta hanya kebobolan empat gol.

Hal itu membuat Persebaya punya modal berharga untuk bisa kembali tidak kebobolan melawan Arema. Andhika sendiri mendapat mandat dari pelatih Paul Munster untuk berjuang membukukan clean sheet.

“Persiapan saya sama seperti biasanya. Kalau dipercaya sebagai starter, saya harus siap mental melawan Arema. Jangan hilang fokus dari menit awal sampai peluit akhir. Kita tahu, Persebaya juga perlu poin untuk aman dari papan bawah,” ujarnya.

 

3 dari 5 halaman

Cuma Terpaut Lima Poin Saja

Duel ini diprediksi berlangsung sengit karena jarak kedua tim di klasemen tidak berbeda jauh. Persebaya ada di posisi ke-12 dengan 36 poin. Sementara Arema ada di peringkat ke-15 atau posisi terbawah zona aman dengan 31 angka.

Bicara performa terkini, Arema sedang dalam performa apik dalam lima pertandingan dengan meraih 10 angka. Singo Edan sukses membukukan tiga kemenangan, sisanya berakhir masing-masing satu seri dan kalah.

Sedangkan Persebaya juga masih belum aman dari ancaman degradasi. Saat ini, mereka berada di posisi ke-12 klasemen sementara dengan 36 poin dari 29 laga, hasil dari delapan menang, 12 seri, dan sembilan kalah.

Andhika juga tidak akan mewaspadai pemain tertentu di skuat Arema. Kiper asli Surabaya itu memilih fokus untuk memerhatikan permainan lawan agar Persebaya tidak menelan kekalahan.

“Semua pemain Arema harus kami waspadai. Siapapun pemain Arema yang main, itu harus kami perhatikan. Saya tidak akan hanya fokus pada pemain tertentu,” imbuhnya kiper berusia 25 tahun itu.

“Mereka juga sedang berjuang menghindar dari degradasi, sama halnya dengan Persebaya. Persebaya juga mau mendapat poin supaya bisa menjauh dari zona degradasi,” imbuhnya.

 

4 dari 5 halaman

Kiper Pelapis yang Lebih Sering Main

Andhika sebenarnya merupakan kiper pelapis Persebaya sejak Liga 1 2021/2022. Dia bisa tampil dalam lima laga terakhir karena Ernando sempat mengalami cedera bahu.

Saat Ernando sudah sembuh, muncul persaingan lagi untuk mendapatkan posisi kiper utama. Namun, kini kans tampil bagi Andhika tetap terbuka mengingat Ernando harus melakoni pertandingan bersama Tim Merah Putih di jadwal yang mepet.

Andhika yang merupakan kiper pelapis justru tampil lebih banyak dibanding Ernando. Musim ini, dia tampil dalam 17 laga dan hanya kebobolan 14 gol, serta telah membukukan enam clean sheet.

5 dari 5 halaman

Posisi Persebaya di Liga 1

Video Populer

Foto Populer