Sukses


Persebaya Punya 2 Kiper Top: Andhika Ciamik di Klub, Ernando Impresif bersama Timnas Indonesia

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya pantas merasa lega dengan kekuatan sisi pertahanan. Mereka kini memiliki dua penjaga gawang yang sama-sama memiliki kualitas mumpuni dan sulit ditaklukkan.

Yang pertama adalah Ernando Ari Sutaryadi, kiper utama Persebaya. Ernando sempat membuat pusing Bajul Ijo karena mendapat panggilan ke Timnas Indonesia melawan Vietnam pada Selasa (26/3/2024).

Panggilan dari Timnas Indonesia itu juga terkesan mendadak karena Ernando baru terbang ke Vietnam pada Sabtu (23/3/2024). Di sisi lain, kiper berusia 22 tahun itu sebenarnya baru sembuh dari cedera bahu.

Ditambah, Persebaya sangat membutuhkan tenaganya untuk menghadapi Arema sehari setelah laga Timnas Indonesia. Ya, Bajul Ijo harus menghadapi Singo Edan pada Rabu (27/3/2024).

Ernando pun kemudian tampil membela Timnas Indonesia menghadapi Vietnam. Hasilnya, dia mampu membawa skuat Garuda menang 3-0 di Stadion My Dinh, Hanoi. Dia itu membukukan catatan apik dengan tidak kebobolan alias clean sheet.

Kiper asli Semarang itu tidak banyak istirahat setelah laga itu. Hanya sehari setelahnya, Ernando langsung terbang dari Vietnam ke Bali pada Rabu (27/3/2024) pagi, untuk datang ke pertandingan Persebaya.

2 dari 4 halaman

Masuk DSP

Ernando memang tidak tampil dalam pertandingan melawan Arema. Namun, dia rupanya tetap masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) dan menjadi kiper cadangan. Andhika Ramadhani yang berkesempatan mengawal gawang Persebaya di laga itu.

Selama 90 menit, Ernando menyaksikan langsung rekannya itu tampil gemilang di bawah mistar. Ya, Andhika pantas disebut sebagai pahlawan Persebaya melawan sang rival.

Persebaya mulanya mampu unggul dulu berkat gol Yan Victor di menit ke-40 dalam laga pekan ke-30 BRI Liga 1 2023/2024 itu. Tapi, Arema yang bertindak sebagai tuan rumah mendapatkan hadiah penalti di menit ke-63.

Wasit Gedion Dapaherang menunjuk titik putih karena menganggap Kadek Raditya melakukan handsball. Padahal, tayangan ulang menunjukkan bola mengenai badan Kadek Raditya, bukan tangannya.

Dalam situasi ini, Dedik Setiawan maju sebagai eksekutor di menit ke-64. Situasinya jadi menegangkan karena Derbi Jatim ini memang berjalan panas. Namun, bola yang mengarah ke sisi kiri gawang berhasil diblok oleh kiper Andhika Ramadhani.

3 dari 4 halaman

Menang Tipis

Duel Derbi Jatim akhir dimenangkan Persebaya dengan skor 1-0. Bajul Ijo sukses mempecundangi Singo Edan dan nama Andhika dielu-elukan oleh para pemain Persebaya berkat aksi heroiknya itu.

Menariknya, Arema melepaskan 10 tembakan dan tak ada yang berbuah gol. Artinya, Andhika benar-benar tampil cemerlang di bawah mistar Persebaya dengan melakukan 10 penyelamatan.

Arema menjadi tim dengan hadiah penalti terbanyak di musim ini. Total, tim asal Kota Apel itu sudah 12 kali mendapat penalti, dan baru kali ini mereka gagal memanfaatkannya jadi gol saat yang dihadapi adalah Andhika.

 

4 dari 4 halaman

Performa Andhika

Selama masa persiapan, Andhika terlihat berjuang keras di latihan demi tampil apik. Dia juga diminta clean sheet oleh Paul Munster. Usaha kiper berusia 25 membuahkan hasil dengan sukses tidak kebobolan kontra Arema.

Meski berstatus kiper kedua, Andhika punya catatan statistik yang luar biasa. Dia mampu membukukan tujuh clean sheet dan hanya kebobolan 14 gol dalam 18 penampilan musim ini.

Video Populer

Foto Populer