Sukses


Striker Asing Persebaya Bicara Penundaan BRI Liga 1, Dukung Timnas Indonesia U-23

Bola.com, Surabaya - Striker asing Persebaya Surabaya, Paulo Henrique, angkat bicara soal penundaan BRI Liga 1 2023/2024. Dia merasa tidak masalah harus menunda menyelesaikan kompetisi sampai satu bulan.

Seperti diketahui, PSSI dan LIB memutuskan bahwa BRI Liga 1 akan ditunda mulai pekan ke-31. Pengumuman ini dilakukan mendadak setelah emergency meeting Komite Eksekutif PSSI, Sabtu (30/3/2024) malam.

Alasannya, PSSI akan menggelar TC Timnas Indonesia U-23 untuk persiapan Piala Asia U-23 2024. Agenda TC dimulai pada 1 April 2024. Sedangkan Piala Asia U-23 2024 bakal berlangsung pada 15 April sampai 3 Mei 2024 di Qatar.

“Setiap pihak punya motivasinya masing-masing. Saya memahami bahwa klub tidak melepas pemain ke timnas jika Liga 1 tetap berjalan. Saya mengerti masalahnya,” kata Paulo Henrique kepada Bola.com.

“Masalahnya, ada tim-tim Liga 1 yang berjuang ke championship series, ada yang menghindari degradasi. Ini bukan hanya dialami klub saya. Sekarang, untuk timnas jadi penting karena ada Piala Asia U-23 di Qatar,” imbuh bomber Persebaya Surabaya itu.

2 dari 4 halaman

Dukungan untuk Timnas Indonesia U-23

Keputusan ini disinyalir dibuat agar klub-klub Liga 1 berkenan melepas pemainnya ke Timnas Indonesia U-23. Sebab, klub diperbolehkan menolak melepas pemainnya karena turnamen itu bukan merupakan agenda resmi FIFA.

Apalagi, pelatih Shin Tae-yong dibebani target lolos babak 8 besar oleh PSSI. Target itu menjadi syarat bagi Shin Tae-yong agar bisa mendapatkan perpanjangan kontraknya yang akan habis akhir Juni 2024.

Dalam turnamen itu, Timnas Indonesia U-23 akan masuk Grup A yang berisikan tim-tim kuat, di antaranya tuan rumah Qatar, Australia, serta Yordania, dan hanya ada dua tim yang lolos dari fase grup.

Dalam situasi ini, Paulo Henrique menyatakan siap memberi dukungan untuk untuk Timnas Indonesia U-23 yang akan berjuang mulai pertengahan April ini.

“Saya melihat Timnas Indonesia U-23 memiliki pemain bagus. Karena Liga 1 ditunda, saya memberi dukungan besar untuk Timnas Indonesia U-23. Bagi saya, ini bukan masalah besar,” ucap striker Persebaya Surabaya berusia 33 tahun itu.

3 dari 4 halaman

Perlu Berjuang

Empat pertandingan tersisa yang akan dihadapi klub-klub Liga 1 merupakan momen krusial. Ada yang sedang berjuang menghindari degradasi, ada pula yang berupaya untuk masuk ke championship series.

Jadwal awal Liga 1 tadinya mengatur kompetisi akan selesai pada akhir April 2024. Dengan penundaan ini, pertandingan empat pekan terakhir kemungkinan baru akan digelar pada Mei 2024.

“Kami di Persebaya juga masih perlu berjuang. Sekarang masih tersisa empat pertandingan. Itu adalah waktu yang saya miliki bersama klub untuk bekerja keras menyelesaikan Liga 1 musim ini,” ujar Paulo Henrique.

Empat pertandingan tersisa yang akan dilakoni Persebaya Surabaya terbilang berat karena menghadapi tim-tim papan atas. Mereka adalah Dewa United, Persib Bandung, Bali United, dan Persik Kediri.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer