Sukses


Starting XI Timnas Indonesia U-23 Paling Mengerikan untuk Piala Asia U-23 2024: Demi Tiket ke Olimpiade 2024

Bola.com, Dubai - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, memanggil 28 pemain untuk pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pada 1-10 April 2024 sebelum berkancah di Piala Asia U-23 2024.

Dari 28 nama di Timnas Indonesia U-23 itu, enam di antaranya beratribut abroad. Keenamnya ialah Ivar Jenner, Rafael Struick, Nathan Tjoe-A-On, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, dan Justin Hubner.

Piala Asia U-23 akan digelar di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024. Timnas Indonesia U-23 masuk Grup A bersama Timnas Qatar U-23, Timnas Australia U-23, dan Timnas Yordania U-23.

Timnas Indonesia U-23 ditargetkan lolos ke delapan besar Piala Asia U-23 2024. Bahkan, tim berjulukan Garuda Muda itu juga mengintip peluang menembus semifinal demi lolos ke Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

Mendekati Piala Asia U-23, Shin Tae-yong harus mencoret lima pemainnya karena diperbolehkan mendaftarkan 23 nama ke Piala Asia U-23 2024. Bagaimana starting eleven mengerikan Timnas Indonesia U-23?

2 dari 6 halaman

Lini Belakang

Shin Tae-yong diyakini akan mempertahankan pakem 3-4-2-1 untuk Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23, pola yang sudah digunakannya sejak beberapa tahun terakhir di timnas senior.

Satu tempat di bawah mistar gawang Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23 kemungkinan akan menjadi milik Ernando Ari Sutaryadi, yang juga berlabel penjaga gawang utama di timnas senior.

Tiga bek di depan Ernando dapat diisi oleh Rizky Ridho, Justin Hubner, dan Nathan Toe-A-On. Ketiganya paling layak untuk menghuni lini belakang Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23.

3 dari 6 halaman

Lini Tengah

Tiga posisi di lini tengah Timnas Indonesia dapat ditempati oleh Ivar Jenner dan Marselino Ferdinan sebagai duo gelandang tengah dan Pratama Arhan yang menjadi wingback kiri.

Pos wingback kanan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 bakal diperebutkan oleh tiga pemain. Ketiganya adalah Fajar Fathur Rahman, Rio Fahmi, dan Bagas Kaffa.

Berdasarkan performa di Timnas Indonesia U-23, Fajar layak diberikan tempat utama. Pemain asal Borneo FC Samarinda itu adalah top scorer SEA Games 2023 Kamboja dengan lima gol.

4 dari 6 halaman

Lini Depan

Tidak susah mengutak-atik lini depan Timnas Indonesia U-23 karena mayoritas para pemainnya berasal dari timnas senior. Trisula Witan Sulaeman, Rafael Struick, dan Ramadhan Sananta seharusnya bisa menjadi tumpuan di Piala Asia U-23.

Namun, di timnas senior, Shin Tae-yong lebih menyukai Hokky Caraka, alih-alih Sananta, sebagai pemain bernomor sembilan. Bomber asal PSS Sleman itu mempunyai kelebihan dalam memberikan tekanan kepada bek lawan.

Hanya saja, di Piala Asia U-23, Timnas Indonesia U-23 membutuhkan striker yang klinis semacam Sananta. Sebab, tim berjulukan Skuad Garuda itu memerlukan gol demi gol untuk lolos ke babak 16 besar.

5 dari 6 halaman

Starting XI Timnas Indonesia U-23 Mengerikan untuk Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 (3-4-2-1): Ernando Ari; Rizky Ridho, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On; Fajar Fathur Rahman, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Rafael Struick; Ramadhan Sananta

6 dari 6 halaman

28 Pemain Timnas Indonesia U-23 Menuju Piala Asia U-23 2024

Kiper: Ernando Ari Sutaryadi, Adi Satryo, Erlangga Setyo, Daffa Fasya

Bek: Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Justin Hubner, Komang Teguh, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Dony Tri Pamungkas, Haykal Alhafiz, Dzaky Asraf, Ilham Rio Fahmi, Bagas Kaffa, Nathan Tjoe-A-On

Gelandang: Ivar Jenner, Arkhan Fikri, Rifky Dwi, Rayhan Hannan, Ikhsan Nul Zikrak, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Jeam Kelly Sroyer, Fajar Fathur Rahman

Penyerang: Rafael Struick, Ramadhan Sananta, Hokky Caraka

Video Populer

Foto Populer