Sukses


BRI Liga 1 Ditunda, Pelatih PSS Sebut Program Latihan Jadi Kacau

Bola.com, Sleman - Penundaan kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 tidak hanya membuat program latihan tim kontestan menjadi kacau. Namun, juga berdampak pada kondisi fisik maupun psikis pemain.

Hal ini diungkapkan pelatih PSS Sleman, Risto Vidakovic. Juru taktik asal Serbia itu menyebut penghentian sementara BRI Liga 1 secara mendadak memberikan dampak negatif kepada timnya.

"Bagi saya, ini adalah keputusan yang sangat negatif. Ini tentu sangat sulit bagi para pemain ketika liga dihentikan," ujar Risto Vidakovic.

"Setelah jeda tim nasional, kami harus memulai lagi memainkan satu pertandingan. Kemudian harus menunggu satu bulan untuk pertandingan berikutnya,” keluh pelatih PSS Sleman itu.

 
2 dari 5 halaman

Kehilangan Ritme Kompetisi

Risto Vidakovic mengatakan, jeda kompetisi berulang kali membuat para pemain kehilangan ritme kompetisi. Apalagi, BRI Liga 1 juga sempat diliburkan sebelum laga pekan ke-30 karena agenda FIFA Matchday.

“Saya pikir para pemain telah mengikuti ritme kompetisi. Kemudian mereka harus berhenti dan mengulanginya lagi. Itu sangat negatif bagi mereka,” kata Risto Vidakovic.

Selain libur FIFA Matchday, kompetisi kasta tertinggi sepak bola Tanah Air juga sempat dijeda karena agenda Pemilu pada Februari lalu.

Kemudian sepanjang Januari BRI Liga 1 tidak digulirkan karena Timnas Indonesia berkancah di Piala Asia 2024 Qatar.

3 dari 5 halaman

Bukan Keputusan yang Bagus

Jika sesuai jadwal, BRI Liga 1 musim reguler akan berakhir pada April 2024. Sayangnya, kompetisi yang tinggal empat pekan lagi harus ditunda hingga bulan depan.

“Sekarang, kami harus menunggu satu bulan lagi setelah musim yang panjang, saya pikir itu bukan ide yang bagus," ucap Risto Vidakovic.

"Kami menghormati dan menerima keputusan federasi, tapi bagi kami sebagai klub dan pemain itu hal yang sangat tidak baik,” sambungnya.

4 dari 5 halaman

Demi Agenda Timnas Indonesia

Seperti diberitakan sebelumnya, kebijakan PSSI untuk menghentikan kompetisi BRI Liga 1 dibuat berdasarkan emergency meeting Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Sabtu (30/3/2024).

Penghentian sementara BRI Liga 1 berkaitan dengan Piala Asia U-23 2024 Qatar. Timnas Indonesia U-23 bakal berlaga di ajang tersebut pada 15 April hingga 3 Mei 2024.

Pertandingan pekan ke-31 BRI Liga 1 ditunda hingga berakhirnya turnamen tersebut. Sementara itu, Garuda Muda sudah memulai pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) sejak 1 April 2024.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer