Sukses


Justin Hubner dan Nathan Tjoe-A-On Masih Belum Jelas, Shin Tae-yong Disebut Targetkan Timnas Indonesia U-23 Lolos ke 8 Besar Piala Asia U-23

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 dilanda ketidakpastian untuk Piala Asia U-23 2024 Qatar. Tim berjulukan Garuda Muda itu terancam tanpa dua bek naturalisasi krusial.

Keduanya adalah Justin Hubner dan Nathan Tjoe-A-On. Nama pertama baru akan dilepas klub Jepang, Cerezo Osaka, ke Timnas Indonesia U-23 setelah 17 April 2024.

Sementara, Nathan Tjoe-A-On masih misterius. Pemain berusia 22 tahun itu belum diizinkan bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 oleh tim Belanda, SC Heerenveen.

Sementara, Timnas Indonesia U-23 telah memulai persiapan dengan menggelar pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pada 1-10 April 2024.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Sudah Kehilangan 1 Pemain

Timnas Indonesia U-23 juga bakal mengawali perjuangannya di Grup A Piala Asia U-23 dengan menantang tuan rumah Timnas Qatar U-23 di Jassim Bin Hamad Stadium, Al Rayyan, pada 15 April 2024.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-23 sudah lebih dulu kehilangan Alfeandra Dewangga untuk Piala Asia U-23. Sebab, pesepak bola asal PSIS Semarang itu masih melakukan pemulihan setelah menjalani operasi.

Di tengah situasi yang merugikan ini, Ketua PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan bahwa pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, tetap menargetkan lolos ke babak delapan besar Piala Asia U-23.

3 dari 5 halaman

Peluang Berat

Misi Timnas Indonesia U-23 untuk melangkah dari Grup A Piala Asia U-23 sangat berat. Selain Qatar U-23, Garuda Muda juga akan melawan Timnas Australia U-23 dan Timnas Yordania U-23.

"Kan Timnas Indonesia U-23 yang bermain sebelas pemain, bukan dua. Jadi dengan tim yang ada, harus siap," ujar Erick Thohir dalam akun Instagramnya, @erickthohir.

"Tim ini harus melihat mata musuh-musuhnya bahwa kita juga manusia, kita juga bisa bermain. Coach Shin Tae-yong tetap menargetkan lolos dari penyisihan grup Piala Asia U-23. Itu saya apresiasi," ungkap Erick Thohir.

4 dari 5 halaman

Singgung Olimpiade 2024

Erick Thohir juga menyinggung kemungkinan Timnas Indonesia U-23 menembus semifinal Piala Asia U-23 yang akan membuka jalan buat melenggang ke Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

Juara, runner-up, dan tim peringkat ketiga terbaik Piala Asia U-23 bakal mendapatkan tiket ke Olimpiade 2024. Sedangkan tim posisi keempat bakal beradu di babak play-off dengan pemilik ranking keempat Piala Afrika U-23 2023, Timnas Guinea U-23.

"Kalau ternyata bisa lolos sampai ke semifinal Piala Asia U-23, itu luar biasa. Kalau bisa masuk tiga besar, kita ke Olimpiade 2024. Ini sesuatu yang menurut saya bukan mimpi di awang-awang," ucap Erick Thohir.

5 dari 5 halaman

14 Pemain Timnas Senior

"Kenapa? Dari 24 pemain timnas senior di Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026, itu kan ada 9-11 pemain U-23. Artinya mereka sudah bermain di level yang lebih tinggi. Jadi kita harus kasih harapan," terang Erick Thohir.

Dari 28 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia U-23 proyeksi Piala Asia U-23, 14 di antaranya memang berstatus personil timnas senior di Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Video Populer

Foto Populer