Sukses


Kabar Baik untuk Timnas Indonesia U-23, Remaja Sensasional Bayern Munchen Tolak Panggilan Darurat Australia di Piala Asia U-23, Ada Apa?

Bola.com, Doha - Timnas Australia U-23 mendapatkan penolakan dari wonderkid Bayern Munchen, Nestory Irankunda, untuk bermain di Piala Asia U-23 2024 Qatar pada 15 April-3 Mei 2024.

Pelatih Australia U-23, Tony Vidmar, sebenarnya telah menetapkan 23 pemain yang diumumkan pada 4 April 2024 untuk Piala Asia U-23, tetapi minus Nestory Irankunda.

Meski begitu, pemain Celtic FC yang dipinjamkan ke Melbourne City, Marco Tilio, mengalami cedera. Tony Vidmar harus mencari penggantinya. Dipilihlah Nestory Irankunda.

Media Australia, Sydney Morning Herald (SMH), mengabarkan Irankunda menampik tawaran bermain di Piala Asia U-23 karena memilih bertahan di Adelaide United.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Dibeli Bayern Munchen

Pada November 2023, Bayern Munchen telah membeli Nestory Irankunda dari Adelaide United seharga 3 juta pounds atau setara dengan Rp60 miliar, tetapi baru akan bergabung pada musim panas 2024.

"Berbagai sumber yang dekat dengan Nestory Irankunda, yang menolak berbicara di depan umum karena sensitifnya situasi, mengatakan bahwa ia telah diberitahu secara informal dalam 24 jam terakhir mengenai apakah ia akan siap bergabung dengan Australia U-23 sebagai pengganti Marco Tilio yang cedera," tulis SMH, Sabtu (9/4/2024).

"Nestory Irankunda memutuskan, menurut sumber tersebut, bahwa dia lebih baik tetap bertahan dan bermain setidaknya empat pertandingan lagi untuk Adelaide United," jelas SMH.

3 dari 5 halaman

Ingin Berpisah Lebih Lama dengan Adelaide United

Nestory Irankunda disebutkan memutuskan untuk bertahan dan membela Adelaide United di sisa musim Liga Australia 2023/2024 yang akan berakhir pada 28 April 2024, sebelum hijrah ke Bayern Munchen.

"Hal ini memberikan Nestory Irankunda kesempatan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada tim kampung halamannya," imbuh SMH.

"Ini juga merupakan pukulan besar bagi Australia U-23 dan harapan mereka untuk mencapai Olimpiade Paris, karena mereka sekarang akan kehilangan Tilio dan harus mencari penggantinya," ungkap SMH.

4 dari 5 halaman

Sengaja Tidak Dimasukkan

Sebelumnya, Nestory Irankunda memang sengaja tidak dimasukkan Tony Vidmar ke skuad Australia U-23 untuk Piala Asia U-23 2024 dengan alasan ingin "menjaganya karena masa depannya masih panjang dan bisa bermain hingga 15 tahun ke depan untuk Timnas Australia".

"Orangnya nomor satu. Menurut saya itu adalah sesuatu yang harus kita jaga terlebih dahulu. Saya bisa saja egois, dan hanya mendatangkannya demi hal itu, tapi berurusan dengan para pemain dan menjalin hubungan dengan mereka, Anda akan mengetahui lebih banyak tentang dia, dan kami merasa bahwa gambaran yang lebih besar adalah Australia senior," kata Tony Vidmar.

"Anda ingin membicarakan dia selama 15 tahun ke depan sebagai pemain Australia... Kami sedang mencari jalan untuknya," terang nakhoda berusia 53 tahun ini.

5 dari 5 halaman

Lahir di Tanzania dari Orang Tua Burundi

Nestory Irankunda lahir di Kigoma, Tanzania, pada 9 Februari 2006. Kedua orang tuanya berasal dari Burundi, yang mengungsi ke Tanzania dan pindah ke Perth, Australia, pada 2013.

Nestory Irankunda telah bermain 21 kali untuk Adelaide United pada musim ini dengan perolehan enam gol dan enam assist. Pada akhir bulan lalu, winger berpostur 175 cm itu mencetak hattrick ke gawang Western United.

Australia U-23 bakal mengawali perjalanannya di Grup A Piala Asia U-23 dengan melawan Timnas Yordania U-23 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, pada 15 April 2024.

Sumber: Sydney Morning Herald

Video Populer

Foto Populer