Sukses


Justin Hubner dan Cerezo Osaka Beri Bukti Beda Perlakukan PSSI dan Netizen terkait Panggilan Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia U-23 tidak bisa memakai satu di antara pemain keturunan di Piala Asia U-23 2024 secara penuh, yakni Justin Hubner. Klub yang dibela sang pemain, Cerezo Osaka tidak melepas Justin karena Piala Asia U-23 yang dimulai 15 April bukan agenda FIFA.

Cerezo Osaka baru melepas sang pemain pada 17 April.

Ketika Justin tidak dilepas klubnya, mantan manajer Pelita Jaya, Lalu Mara Satriawangsa merasa tidak ada gejolak dari pengurus PSSI. Beda cerita jika klub Liga 1 yang tidak melepas pemainnya ke Timnas Indonesia.

“Kalau klub asing tidak kasih ijin pemainnya bela Timnas Indonesia karena ajangnya bukan Kalender FIFA, pasti tidak ada yang ribut. Tapi kalau klub atau pelatih Liga 1 tidak beri ijin, pasti ribut,” katanya.

Seperti yang terjadi belakangan, PSSI seperti membuat prank kepada Persija Jakarta dan klub lain yang pemainnya banyak dipanggil ke Timnas Indonesia U-23. Mereka membuat surat jika Liga 1 seakan berhenti ketika Piala Asia U-23 digelar. Tapi, setelah semua pemain bergabung, Liga 1 dilanjutkan bersamaan dengan gelaran Piala Asia U-23.

2 dari 3 halaman

Perlakukan Berbeda

Selain itu, beberapa waktu lalu juga pihak Timnas Indonesia hingga netizen menganggap klub Liga 1 tidak memiliki rasa nasionalis saat menahan pemainnya.

“Masih ingat ketika Persija dan PSM tidak melepas pemain ke Timnas Indonesia, manajer timnas marah. Netizen juga ribut,” lanjutnya.

Hal ini memunculkan perlakukan yang beda terhadap klub Liga 1 dengan klub mancanegara. Jika ini terus berlanjut, bisa memunculkan kecemburuan dari tim Liga 1 karena mereka dirugikan karena tidak bisa menggunakan jasa sang pemain saat kompetisi bergulir.

3 dari 3 halaman

Abroad Lain Dapat Izin

Berbeda dengan Justin Hubner, pemain Indonesia yang membela klub luar negeri mayoritas sudah bergabung. Seperti Rafael Struick (ADO Den Haag), Ivar Jenner (FC Utrecht), Pratama Arhan (Suwon FC) dan lainnya.

Para pemain tersebut terlihat dalam akun instagram PSSI sudah berlatih di Dubai. Para pemain tersebut jadi tambahan kekuatan bagi Indonesia di Piala Asia U-23. Bisa dibilang pemain diaspora lain yang dapat ijin karena bukan jadi pilihan utama di klub.

Sementara Justin tenaganya sangat dibutuhkan Cerezo Osaka. Dia baru mendapatkan debutnya bersama tim J1 League, Jepang itu, pada Minggu (7/4/2024). perlu diketahui, Justin baru dipinjamkan oleh klub asal, Wolverhampton Wanderers (Inggris) pertengahan bulan lalu. Sebelum sebulan gabung, dia mendapatkan kesempatan pertama tampil di kasta tertinggi Liga Jepang.

Video Populer

Foto Populer