Sukses


Bakal Hadapi Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024, Pelatih Australia U-23 Kecewa Ada Pemain yang Tak Dilepas Klub Polandia

Bola.com, Jakarta - Timnas Australia U-23 telah merampingkan skuad dengan berisikan 23 nama untuk Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Terbaru, ada dua pemain yang terpaksa dicoret dari daftar anggota skuad mereka.

Pertama adalah pemain Melbourne City, Marco Tilio, yang absen karena cedera dan akan digantikan oleh Keegan Jelacic dari Brisbane Roar FC. Kedua adalah Louis D’Arrigo, pemain yang kini membela klub Polandia, Lechia Gdansk.

Pelatih Timnas Australia U-23, Tony Vidmar, mengaku kecewa ketika Lechia Gdansk tidak melepas D’Arrigo. Sebab, Louis D’Arrigo sudah sejak lama disiapkan oleh Vidmar untuk tampil di Piala Asia U-23 2024.

“Kami telah berdiskusi dengan Lechia selama beberapa waktu tentang ketersediaan Louis untuk turnamen ini. Sayangnya mereka memutuskan dia harus tetap di Polandia. Kami memahami dan menghormati posisi klub,” kata Tony Vidmar dikutip dari situs Socceroos.

“Saya telah mengungkapkan rasa frustrasi saya. Meskipun demikian, tentu mengecewakan melihat keadaan berubah seperti ini pada menit-menit terakhir, ketika semua persiapan kami telah dilakukan dengan syarat Louis akan tersedia,” imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Bukan Agenda FIFA

Keputusan Lechia Gdansk tentu didasari regulasi bahwa klub boleh menolak melepas pemainnya. Piala Asia U-23 2024 bukanlah agenda resmi FIFA. Hal itu juga sebenarnya terjadi pada Timnas Indonesia U-23.

Sebagai pengganti D’Arrigo, Tony Vidmar memasukkan Lucas Mauragis, gelandang Newcastle Jets FC. Status Mauragis sebagai pemain yang berkarier di klub lokal Australia tidak menyulitkannya untuk memanggil sang pemain.

“Saya sangat bahagia untuk Lucas. Dia tampil luar biasa untuk kami selama 12 bulan terakhir dan pemanggilan ini merupakan hadiah besar untuk itu,” ujar Vidmar.

3 dari 3 halaman

Bakal Hadapi Timnas Indonesia U-23

Skuad Australia U-23 dikabarkan sudah berada di Doha, Qatar, sejak Senin (8/4/2024). Mereka akan mulai berjuang pekan depan, Senin (15/4/2024).

Australia U-23 tergabung di Grup A Piala Asia U-23 2024 yang terhitung berat bersama Yordania, Timnas Indonesia, dan tuan rumah Qatar.

Seperti tim lain, Australia memasang target tampil di Olimpiade Paris 2024. Wakil dari AFC adalah tim tiga besar turnamen ini. Lalu, tim peringkat keempat berpotensi lolos, namun harus mengikuti play-off melawan wakil CAF atau Afrika.

Video Populer

Foto Populer