Sukses


Piala Asia U-23 2024: Kiper Pelapis Persebaya Doakan Ernando Ari Bersinar di Timnas Indonesia U-23

Bola.com, Jakarta - Andhika Ramadhani dan Ernando Ari Sutaryadi adalah rekan setim di Persebaya Surabaya. Keduanya juga terus bersaing berebut tempat untuk mendapat menit bermain di BRI Liga 1 2023/2024.

Tapi, hal itu tidak membuat kedekatan dua kiper itu merenggang. Andhika yang merupakan kiper pelapis justru memberi dukungan penuh untuk Ernando yang saat ini sedang membela Timnas Indonesia U-23.

Ernando bakal tampil bersama skuat arahan Shin Tae-yong itu dalam Piala Asia U-23 2024 di Qatar mulai 15 April 2024 nanti.

“Saya mendukung Ernando bisa tampil terbaik juga di Piala Asia U-23 2024. Kalau saya pribadi, saya masih menganggap Ernando sebagai senior saya,” kata Andhika.

Secara usia sebenarnya Andhika lebih tua tiga tahun. Andhika kini berusia 25 tahun, sedangkan Ernando baru berumur 22 tahun. Namun, Ernando tentu jauh lebih berpengalaman.

Kiper asli Semarang itu tercatat memberikan prestasi dengan menjuarai Piala AFF U-16 2018 dan medali emas SEA Games 2023. Dia termasuk kiper dengan reflek yang cukup apik dalam menepis tembakan lawan.

“Seperti kita tahu, Ernando sudah lama bermain. Dia juga memiliki pengalaman lebih banyak dari saya. Selama ini, saya juga banyak belajar dari dia,” ucap Andhika.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jadi Andalan

Baik Ernando maupun Andhika merupakan kiper yang sama-sama sulit ditaklukkan.  Ernando sendiri sempat membuat pusing Bajul Ijo karena mendapat panggilan ke Timnas Indonesia melawan Vietnam pada Selasa (26/3/2024).

Panggilan dari Timnas Indonesia itu juga terkesan mendadak karena Ernando baru terbang ke Vietnam pada Sabtu (23/3/2024). Di sisi lain, dia sebenarnya baru sembuh dari cedera bahu.

Ditambah, Persebaya sangat membutuhkan tenaganya untuk menghadapi Arema sehari setelah laga Timnas Indonesia. Ya, Bajul Ijo harus menghadapi Singo Edan dalam pekan ke-30 BRI Liga 1 2023/2024 pada Rabu (27/3/2024).

Ernando pun kemudian tampil membela Timnas Indonesia menghadapi Vietnam. Hasilnya, dia mampu membawa skuat Garuda menang 3-0 di Stadion My Dinh, Hanoi. Dia itu membukukan catatan apik dengan tidak kebobolan alias clean sheet.

Kiper asli Semarang itu tidak banyak istirahat setelah laga itu. Hanya sehari setelahnya, Ernando langsung terbang dari Vietnam ke Bali pada Rabu (27/3/2024) pagi, untuk datang ke pertandingan Persebaya.

 

3 dari 4 halaman

Andhika Bisa Diandalkan

Ernando tidak tampil dalam pertandingan melawan Arema, tapi dia tetap masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) dan menjadi kiper cadangan. Andhika Ramadhani yang berkesempatan mengawal gawang Persebaya di laga itu.

Selama 90 menit, Ernando menyaksikan langsung rekannya itu tampil gemilang di bawah mistar. Ya, Andhika pantas disebut sebagai pahlawan Persebaya melawan sang rival.

Menariknya, Arema melepaskan 10 tembakan dan tak ada yang berbuah gol. Artinya, Andhika benar-benar tampil cemerlang di bawah mistar Persebaya dengan melakukan 10 penyelamatan. Dia kemudian dinobatkan sebagai man of the match.

Kini, Ernando akan membela Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23. Di waktu yang bersamaan, Andhika wajib mengawal gawang Persebaya dalam empat laga sisa Liga 1 mulai 15 April 2024 juga.

4 dari 4 halaman

Posisi Persebaya di BRI Liga 1 2023/2024

Video Populer

Foto Populer