Sukses


Persiapan Timnas Indonesia U-23 Hadapi Piala Asia U-23 2024 Tak Sempurna, STY Ungkap Alasannya

Bola.com, Al-Rayyan - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, mengungkapkan sejumlah alasan yang membuat persiapan anak asuhnya menjelang Piala Asia U-23 2024 tak berjalan sempurna sesuai rencana.

Menuju kejuaraan ini, Timnas Indonesia U-23 telah menggelar persiapan yang cukup panjang dengan melakoni pemusatan latihan (TC) pada awal April. Selain itu, ada dua agenda uji coba yang sudah dijalani Garuda Muda.

Shin Tae-yong menyadari, skuad Garuda Muda bakal menghadapi persaingan yang cukup sengit di Grup A bersama Qatar, Yordania, dan Australia. Dua tim yang disebut paling awal memang punya prestasi yang mentereng di level senior.

“Di Grup A bersama Qatar, Australia, dan Yordania, ketiganya merupakan tim yang sangat kuat dan kompetitif. Terutama Qatar dan Yordania saat tampil di Piala Asia 2023 pada Januari lalu, mereka jadi juara dan runner-up,” ujar Shin Tae-yong, Minggu (14/4/2024).

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kurang Maksimal

Shin Tae-yong menjelaskan, persiapan Timnas Indonesia U-23 menuju Piala Asia U-23 2024 memang tak bisa dikatakan sempurna. Alasannya, penyelenggaraan kejuaraan ini berlangsung di luar kalender FIFA.

Oleh karena itu, tak semua tim bisa segera melepas pemainnya untuk bergabung dengan Garuda Muda. Beberapa amunisi penting harus datang terlambat karena terhambat izin dari pihak klub.

“Ketiga kontestan ini sangat-sangat kuat. Namun, di ajang Piala Asia U-23 yang tidak masuk dalam kalender FIFA ini, saya tidak bisa bilang bahwa kami menjalani persiapan yang sempurna,” katanya.

3 dari 4 halaman

Performa Terbaik

Juru taktik asal Korea Selatan itu memang tak bisa mendatangkan beberapa pemain abroad seperti Elkan Baggott dan Nathan Tjoe-A-On. Tak hanya itu, Justin Hubner sampai sekarang juga belum menampakkan batang hidungnya.

Terlepas dari berbagai kondisi yang menjadi tantangan Timnas Indonesia U-23 ini, Shin Tae-yong berharap performa anak asuhnya semakin berkembang, terutama jelang laga perdana Grup A melawan Timnas Qatar U-23.

“Kami masih menghadapi tantangan untuk mengembangkan dan meningkatkan kekuatan kami. Semoga, kami bisa menampilkan performa terbaik pada kejuaraan ini,” tutur bekas pelatih Timnas Korea Selatan itu.

4 dari 4 halaman

Menanti Justin Hubner

Elkan Baggott dan Nathan Tjoe-A-On pada akhirnya dicoret Shin Tae-yong ketika mendaftarkan 23 pemain untuk Piala Asia U-23 2024. Namun, nama Justin Hubner tetap dipertahankan oleh tim pelatih.

Berdasarkan kabar terakhir, pemain asal klub Liga Inggris, Wolverhampton Wanderers, itu baru akan dilepas pada Rabu (17/4/2024). Artinya, Justin harus melewatkan laga pertama melawan Qatar pada Senin (15/4/2024).

Jadwal tersebut juga terhitung mepet dengan laga kedua Garuda Muda melawan Australia yang dijadwalkan berlangsung pada Kamis (18/4/2024) di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha.

Video Populer

Foto Populer