Sukses


Timnas Indonesia U-23 Diminta Tampil Percaya Diri di Piala Asia U-23 2024

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 diminta tampil percaya diri pada Piala Asia U-23 2024. Tim berjulukan Garuda Muda itu tergabung di Grup A dalam ajang dua tahunan tersebut.

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi tuan rumah Timnas Qatar U-23 pada partai pembuka fase grup di Jassim Bin Hamad Stadium, Al Rayyan, Senin (15/4/2024 pukul 22.30 WIB.

Pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto, meyakini Timnas Indonesia U-23 mampu memberikan perlawanan sengit. Meski secara persiapan tim asuhan Shin Tae-yong itu menuju Piala Asia U-23 2024 sebetulnya kurang begitu sempurna.

Beberapa pilar penting terlambat bergabung di Qatar lantaran terbentur izin dari klub. Penyebabnya, turnamen tersebut berlangsung di luar kalender FIFA.

"Timnas Indonesia U-23 harus tetap tampil percaya diri meskipun tidak diperkuat beberapa pemain inti yang terkendala dengan izin dari klub," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Minggu (14/4/2024).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Memanfaatkan Kesempatan

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, menyertakan 28 pemain dalam turnamen tersebut. Beberapa nama di antaranya merupakan alumni pemain yang mentas di Piala Asia 2024 Qatar.

Erwan Hendarwanto berharap siapapun yang diturunkan dapat memberikan penampilan terbaik. Diperkuat sederet pemain mumpuni dengan jam terbang di level senior, Timnas Indonesia U-23 harus tampil dengan penuh percaya diri.

"Pemain-pemain yang ada harus memanfaatkan kesempatan ini untuk bisa menampilkan permainan terbaik, karena secara pengalaman saya yakin sudah cukup mengingat mereka juga bermain di Timnas Indonesia senior," kata Erwan Hendarwanto.

 

3 dari 4 halaman

Persiapan Cukup Panjang

Turnamen yang berlangsung di Qatar itu dimulai pada 15 April hingga 3 Mei 2024. Tim Garuda Muda berstatus debutan pada turnamen yang juga menjadi kualifikasi Olimpiade 2024 di Paris tersebut.

Selain Qatar, Timnas Indonesia U-23 juga bakal bersaing melawan Timnas Australia U-23 dan Timnas Yordania U-23 di Grup A. Skuad Garuda Muda memiliki waktu persiapan cukup panjang jelang menyongsong kejuaraan ini.

Tim Merah-Putih sempat menjalani pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), sejak awal April 2024. Di sana, Rizky Ridho dkk. juga melakukan dua pertandingan uji coba melawan Arab Saudi (1-3) dan Uni Emirat Arab (1-0).

 

4 dari 4 halaman

Skuad Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024

Kiper: Adi Satryo, Ernando Ari, Daffa Fasya

Bek: Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, Komang Teguh, Rizky Ridho, Justin Hubner, Pratama Arhan, Kakang Rudianto, Dony Tri Pamungkas, Dzaky Asraf

Gelandang: Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Fajar Fathur Rahman, Ikhsan Zikrak, Arkhan Fikri, Rayhan Hannan

Penyerang: Ramadhan Sananta, Rafael Struick, Kelly Sroyer, Hokky Caraka

Video Populer

Foto Populer