Sukses


Hadapi Australia di Piala Asia U-23 2024, Hokky Caraka dan Nathan Tjoe A-On Bisa Jadi Starter Timnas Indonesia U-23

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 bersiap melakoni laga kedua lanjutan Grup A Piala Asia U-23 2024. Tim Garuda Muda berjumpa Timnas Australia U-23 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Kamis (18/4/2024) malam WIB.

Timnas Indonesia U-23 gagal mendulang poin pada laga pembuka Grup A Piala Asia U-23 2024. Armada Shin Tae-yong itu takluk 0-2 dari Timnas Qatar U-23 di Jassim Bin Hamad Stadium, Al Rayyan, Senin (15/4/2024).

Kekalahan ini membuat Tim Merah-Putih harus puas menempati juru kunci klasemen sementara Grup A Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda tanpa poin dan tertinggal tiga angka dari Qatar yang menduduki posisi teratas.

Meski demikian, kans Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke perempat final masih terbuka lebar. Syaratnya, Rizky Ridho dkk. wajib menyapu bersih dua laga sisa melawan Australia dan Yordania.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tidak Full Team

Hanya saja, perjuangan Timnas Indonesia U-23 pada laga nanti dipastikan makin berat. Garuda Muda tak bisa turun dengan kekuatan penuh saat melawan Australia U-23.

Dua pemain harus absen karena mendapatkan kartu merah pada laga sebelumnya. Mereka adalah Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta. Kondisi ini jelas merugikan Garuda Muda.

Selain itu, Timnas Indonesia U-23 kemungkinan belum bisa memainkan Justin Hubner. Bek berdarah Belanda itu urung bergabung dengan skuad Garuda Muda hingga Rabu (17/4/2024). Hubner masih memperkuat klubnya, Cerezo Osaka di J-League.

3 dari 4 halaman

Cari Solusi

Absennya Ivar Jenner meninggalkan lubang di lini tengah. Hal ini disampaikan pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto. Garuda Muda minus gelandang dengan karakter defensif kuat seperti pemain FC Utrecht tersebut.

"Dengan kehilangan Ivar Jenner tentu saja ini menjadi pekerjaan rumah besar tim pelatih untuk mencari penggantinya karena kemarin lini tengah Timnas Indonesia U-23 belum bekerja secara optimal," ujar Erwan kepada Bola.com, Rabu (17/4/2024).

"Dengan skuad yang ada bisa dipertimbangkan untuk memainkan Justin Hubner di tengah berpasangan dengan Marselino Ferdinan. Tapi sampai sekarang kabarnya Hubner belum gabung Timnas di Qatar," sambungnya.

4 dari 4 halaman

Sedikit Perubahan

Mantan pelatih PSIM Yogyakarta itu mengatakan dengan skuad yang tidak lengkap, Shin Tae-yong perlu melakukan sedikit perubahan dalam starting lineup melawan Australia U-23. Beberapa pemain bisa dicoba pada laga kali ini.

"Untuk posisi wing yang kemarin dimainkan Marselino bisa menggeser Rafael Struick ke posisi sayap dan memainkan Hokky Caraka di posisi 9," kata Erwan Hendarwanto.

"Belum optimalnya permainan Pratama Arhan dan Rio Fahmi saat kontra Qatar, bisa dipertimbangkan untuk memainkan Bagas Kaffa dan Nathan Tjoe-A-On," pungkasnya.

Video Populer

Foto Populer