Sukses


Hasil Piala Asia U-23 2024: Sejarah Tercipta! Timnas Indonesia U-23 Sikat Australia U-23

Bola.com, Doha - Timnas Indonesia U-23 sukses memetik kemenangan perdana di Grup A Piala Asia U-23 2024. Mereka menang tipis 1-0 atas Australia U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (18/4/2024) malam WIB.

Sejak menit pertama, Timnas Indonesia U-23 langsung menyerang. Peluang muncul di menit kedua setelah Witan Sulaeman mengirim umpan tarik. Bola disambut Jeam Kelly Sroyer tapi sepakannya dihalau bek Australia U-23.

Hanya semenit berselang, Australia U-23 melancarkan serangan balik. Adalah Mohamed Toure yang berpeluang mencetak gol, tapi tembakannya melenceng datar ke arah kiri gawang yang dikawal Ernando Ari.

Setelah itu, Timnas Indonesia U-23 lebih banyak diserang. Baru di menit ke-16, Rafael Struick hampir mencetak gol setelah menyisir sisi kiri. Sayangnya belum berbuah gol karena bola menyamping dari gawang lawan.

Memasuki menit ke-21, Toure melepas tembakan yang mengenai tangan Komang Teguh di kotak penalti. Wasit mulanya membiarkan, namun setelah mengecek VAR, Australia mendapatkan hadiah penalti.

Toure sendiri yang maju sebagai eksekutor penalti di menit ke-25. Namun, dia gagal mengonversinya menjadi gol. Sepakan keras Toure mengarah ke kiri dan sukses ditepis oleh Ernando Ari.

Keberhasilan menepis penalti itu tampaknya membuat Timnas Indonesia U-23 lebih agresif. Komang Teguh hampir menebus kesalahan di menit ke-35 dengan upaya merebut bola dan melepas tembakan, tapi sepakannya melebar.

Baru 10 menit kemudian, Komang membawa Timnas Indonesia U-23 unggul. Berawal dari sepak pojok, bola disambut oleh Nathan Tjoe-A-On. Komang lantas meneruskan dengan sundulan dan gagal dibendung kiper Patrick Beach.

Waktu tambahan mencapai delapan menit di babak pertama ini. Namun, tak ada gol lagi sehingga skor 1-0 menghiasi turun minum.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Babak II

Australia U-23 mengawali babak kedua dengan tampil lebih agresif. Dalam kondisi tertinggal, Timnas Indonesia U-23 lebih banyak bertahan. Australia U-23 sendiri masih kesulitan mencari celah.

Baru pada menit ke-52, Australia kembali menebar ancaman. Kali ini berawal dari umpan tarik Lucas Mauragis, Mohamed Toure melepas tembakan mendatar. Bola mengarah ke gawang, tapi sukses ditangkap Ernando.

Setelah itu, Australia lebih banyak menyerang dan mengurung pertahanan Timnas Indonesia U-23. Namun, rapatnya pertahanan Garuda Muda menyulitkan lawan. Berbagai upaya serangan Olyroos dilakukan belum membuahkan hasil.

Memasuki menit ke-75, Toure kembali mendapat kesempatan melepas tembakan ke arah gawang. Lagi-lagi, Ernando masih tampil impresif di depan gawang sehingga mampu membloknya.

Hanya tiga menit berselang, giliran kapten Jacob Italiano yang mencoba melepas tembakan spekulasi dari luar kotak penalti usai menerima bola rebound. Kali ini, sepakannya masih melambung di atas mistar.

Australia U-23 hampir mencetak gol balasan di menit ke-87. Itu berawal dari umpan silang Mauragis yang dihalau Ernando. Bola liar disambar oleh Nicolas Milanovic, tapi masih bisa diamankan Ernando lagi.

Di waktu yang tersisa, Australia semakin gencar menyerang. Tapi, justru Timnas Indonesia U-23 berkesempatan menggandakan keunggulan di injury time. Berawal dari cutback Nathan, Marselino Ferdinan melepas tembakan keras, tapi masih bisa diblok.

Wasit membunyikan peluit panjang dengan skor akhir 1-0 kemenangan untuk Timnas Indonesia U-23. Kemenangan ini tentu saja berarti karena Garuda Muda menjaga asa untuk lolos ke perempat final.

Tim asuhan Shin Tae-yong itu kini mengoleksi tiga poin dalam dua laga. Di laga terakhir, mereka akan berjumpa dengan Yordania U-23, Minggu (21/4/2024). Jika memenangi laga terakhir, tiket ke fase gugur sudah bisa dipastikan.

 

3 dari 4 halaman

Sejarah

Hasil ini menjadi sejarah tersendiri buat Timnas Indonesia U-23. Untuk kali pertama, Garuda Muda meraih kemenangan di pentas Piala Asia U-23 2024.

Selain itu, Komang Teguh juga tercatat sebagai pencetak gol pertama buat Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23.

Catatan tanpa kebobolan juga diraih. Kamis, 18 April 2024, bakal jadi hari yang akan selalu dikenang oleh Garuda Muda dan seluruh pencinta Timnas Indonesia.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-23 (3-4-3): Ernando Ari (kiper); Rizky Ridho, Komang Teguh, Muhammad Ferarri (belakang); Fajar Fathurrahman, Marselino Ferdinan, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan (tengah); Jeam Kelly Sroyer, Rafael Struick, Witan Sulaeman (depan)

Pelatih: Shin Tae-yong

Australia U-23 (4-4-2): Patrick Beach (kiper); Jacob Italiano, Alexandar Popovic, Jordan Courtney-Perkins, Lucas Mauragis (belakang); Keegan Jelacic, Ryan Teague, Jake Hollman, Adrian Segecic (tengah); Mohamed Toure, Nishan Velupillay (depan)

Pelatih: Tony Vidmar

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer