Sukses


Shin Tae-yong Menegaskan Peran Penting Pemain Liga 1 di Timnas Indonesia U-23

Bola.com, Jakarta - Ketika ada yang menyebutnya lebih mementingkan pemain yang bermain di Eropa dan tidak memperhatikan perkembangan pemain di BRI Liga 1, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menegaskan peran penting pemain di kompetisi domestik Indonesia untuk Tim Garuda Muda.

Bukan rahasia lagi jika keputusan Shin Tae-yong dan PSSI melakukan naturalisasi pemain keturunan Indonesia untuk Timnas Indonesia, termasuk pemain-pemain muda, telah menimbulkan pro dan kontra. Banyak yang setuju, tapi tidak sedikit yang tidak sependapat.

Bahkan ada pengamat yang terang-terangan menganggap Shin Tae-yong lebih memilih memberikan perhatian kepada pemain-pemain yang berkarier di kompetisi luar negeri, terutama Eropa, ketimbang yang berkarier di kompetisi Liga 1.

Hal itu berdasarkan keputusan Shin Tae-yong keliling Eropa menghampiri satu per satu pemainnya di sana, seperti Elkan Baggott, Sandy Walsh, dan Marselino Ferdinan.

 

Namun, jelas peran pemain Liga 1 sangat penting bagi Timnas Indonesia U-23. Terbukti pada laga kontra Australia, Ernando Ari yang memperkuat Persebaya Surabaya mampu menyelamatkan gawangnya dari eksekusi penalti lawan.

Sementara Komang Teguh dari Borneo FC mencetak gol penentu kemenangan Tim Garuda Muda. Selain itu jelas Shin Tae-yong membawa 17 pemain yang berkompetisi di Liga 1, dan hanya enam pemain yang berkompetisi di luar negeri, baik di Eropa maupun Asia.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Punya Peran Membantu Perkembangan Tim

Namun, setelah kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Australia di laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong menegaskan peran penting pemain-pemain yang berkompetisi di Liga 1.

Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, kolaborasi antara pemain yang berkarier di luar negeri dan Liga 1 telah membantu meningkatkan performa tim.

"Banyak pemain yang bermain secara reguler di Liga 1, dan itu sangat penting untuk meningkatkan nalar dalam pertandingan. Itu sangat membantu para pemain untuk mengembangkan diri sendiri," tegas Shin Tae-yong.

"Kombinasi antara pemain yang tampil di liga lokal dengan Eropa adalah kunci bagaimana tim dan para pemain di sini berkembang," lanjut pelatih Timnas Indonesia U-23 itu.

3 dari 3 halaman

Kans Melaju ke Perempat Final Piala Asia U-23

Timnas Indonesia U-23 sejauh ini sudah bermain dua kali di Grup A Piala Asia  U-23 2024. Setelah kalah 0-2 dari tuan rumah Qatar pada pertandingan pertama, Tim Garuda Muda menang 1-0 atas Australia di pertandingan kedua yang digelar Kamis (18/4/2024) malam.

Kemenangan itu membawa Timnas Indonesia U-23 berada di posisi kedua dalam klasemen Grup A Piala Asia U-23 2024 dengan koleksi tiga poin, terpaut tiga poin di belakang Qatar, dan unggul dua poin atas Yordania dan Australia.

Laga kontra Yordania di laga terakhir Grup A akan krusial bagi Tim Garuda Muda. Tim asuhan Shin Tae-yong itu perlu meraih kemenangan atau setidaknya bermain imbang untuk bisa lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer