Sukses


4 Kehebatan Marselino Ferdinan di Piala Asia U-23, Tulang Punggung Timnas Indonesia yang Makin Matang

Bola.com, Jakarta - Marselino Ferdinan mampu menjadi bintang Timnas Indonesia, baik senior maupun level kelompok umur. Terbaru, dia membuktikan kualitasnya dengan membawa Timnas Indonesia U-23 lolos perempat final Piala Asia U-23 2024.

Tim arahan Shin Tae-yong itu sukses menang 4-1 atas Yordania U-23 dalam laga terakhir Grup A di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Minggu (21/4/2024) malam WIB. Marselino Ferdinan mampu menyumbang brace alias dua gol dalam laga tersebut.

Kemenangan itu membuat Timnas Indonesia U-23 meraih enam poin dari tiga laga dan lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024 dengan status runner-up Grup A di bawah Qatar U-23.

Publik internasional menyoroti peningkatan sepak bola Indonesia, terutama saat berkiprah di Piala Asia U-23 2024 ini. Sebelumnya, Timnas Indonesia U-23 malah sukses menang 1-0 atas Australia U-23 (18/4/2024).

Timnas Indonesia U-23 sebenarnya berstatus sebagai tim kuda hitam di Piala Asia U-23 2024. Mereka merupakan satu-satunya tim yang menjalani debut dalam turnamen tersebut.

Ditambah lagi, Grup A terhitung berat karena harus bersaing dengan Qatar, Yordania, dan Australia. Pada laga pertama, Timnas Indonesia U-23 sempat harus kalah 0-2 dari tuan rumah Qatar dalam laga penuh kontroversial (15/4/2024).

Beruntung, Shin Tae-yong mampu meracik strategi dengan baik untuk menghadapi Yordania dan Australia yang sama-sama memasang target tampil di Olimpiade 2024 Paris. Hasilnya, dua kemenangan beruntun didapatkan.

Apa yang ditunjukkan Marselino Ferdinan semakin memperlihatkan peran pentingnya di Timnas Indonesia U-23. Bola.com telah merangkum empat kehabatan Marselino selama Piala Asia U-23 2024. Simak ulasan berikut ini:

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cerdas Mencari Ruang

Kepandaian Marselino Ferdinan terlihat saat mencetak gol ketiga untuk Timnas Indonesia U-23. Dia mengirim umpan satu dua dengan Witan Sulaeman. Marselino mampu melewati adangan kiper lawan sebelum menceploskan bola.

Sebelum itu, Marselino juga jadi aktor lahirnya gol kedua. Dia mengirim umpan kepada Ridho yang diteruskan kepada Witan Sulaeman. Gol berkelas pun tercipta melalui placing kaki kiri Witan Sulaeman.

Dari sini terlihat Marselino Ferdinan mampu membaca kondisi di lapangan dalam menemukan ruang. Dia bisa memanfaatkan kesempatan untuk dirinya sendiri, maupun memberi kans untuk rekannya.

 

3 dari 5 halaman

Dribble Lincah

Berposisi sebagai gelandang membuat Marselino Ferdinan menjadi pemain dengan atribut lengkap. Dia memiliki kemampuan dribel lincah dengan melewati sejumlah pemain saat menghadapi Yordania.

Sebelum itu, dia sudah beberapa kali melakukan akselerasi dan aksi individu saat melawan Qatar serta Australia. Hanya saja, dia belum beruntung mencetak gol dalam dua laga pertama.

 

4 dari 5 halaman

Tembakan Keras

Gol pembuka saat melawan Yordania memang tercipta dari kotak penalti Marselino. Tetapi, bukan berarti ini tidak masuk kelebihan. Dia dengan tenang mengeksekusi penalti dan mengecoh kiper lawan dengan tembakan keras.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pemain jebolan kompetisi internal Persebaya Surabaya memiliki tembakan keras dari jarak jauh. Kemampuan menembak ini telah menjadi andalannya sebagai alternatif selain mengandalkan pemain depan.

 

5 dari 5 halaman

Motor Serangan Andalan

Gelandang milik KMSK Deinze itu tak tergantikan dalam tiga pertandingan. Dia menempati lini tengah atau terkadang juga bermain di belakang striker. Marselino membuktikan kualitasnya dengan mencetak brace ke gawang Yordania U-23.

Marselino Ferdinan menjadi pemain kunci yang menentukan motor serangan Timnas Indonesia U-23. Dia memiliki kelincahan, kecepatan, dan kemampuan melepas tembakan jarak jauh yang sulit ditebak.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer