Sukses


Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 2024, Kombinasi Skuad Timnas Indonesia U-23 Dianggap Jadi Nilai Plus

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong menyertakan 23 pemain di Piala Asia U-23 2024. Komposisi skuad Garuda Muda terbilang cukup merata dengan dihuni sejumlah pemain yang berkiprah di luar negeri atau abroad.

Dari 23 nama tersebut, setengah pemain di antaranya bahkan sudah pernah bermain di level senior. Sebut saja Witan Sulaeman, Ivar Jenner, Hokky Caraka, Ramadhan Sananta, Justin Hubner, Pratama Arhan, Rizky Ridho, Ernando Ari, Rafael Struick, hingga Marselino Ferdinan.

Shin Tae-yong memang dikenal gemar memaksimalkan pemain-pemain muda di skuad Garuda. Oleh karena itu tak heran kalau di Piala Asia U-23 2024 banyak dihuni pemain yang sudah memiliki caps di tim senior.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Jadi Kelebihan

Pengamat sepak bola nasional, Aris Budi Sulistyo memberikan pandangannya. Mantan pemain Persik Kediri itu melihat kombinasi pemain tersebut menjadi nilai tambah bagi Tim Merah-Putih.

"Kalau untuk saat ini ada beberapa pemain yang ikut senior dan U-23, ya itu malah menurut saya malah suatu kelebihan di Timnas kita," ujarnya kepada Bola.com, Selasa (23/4/2024).

"Walaupun nanti di senior masih ada beberapa pemain sisipan, tapi setidaknya mereka sudah semakin tambah chemistry-nya di antara satu dengan yang lain, ada beberapa pemain yang dimainkan untuk tim senior meski usia mereka U-23," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Jaring Talenta Lokal

PSSI belakangan ini sedang gencar menggalakkan program naturalisasi. Langkah tersebut sebetulnya sangat bagus untuk kemajuan dan prestasi Timnas Indonesia. Namun, Aris Budi Sulistyo berpesan agar federasi juga terus menjaring talenta lokal lewat pembinaan berjenjang.

"Ya, mungkin kalau usulan ke depannya untuk PSSI di samping tetap mencari pemain yang berdarah Indonesia di luar negeri juga mencari benar-benar pemain yang punya talenta yang berkompetisi di Indonesia," katanya.

"Itu salah satunya juga tidak boleh terlalu dilupakan karena bagaimanapun mereka juga adalah aset bangsa dan negara dan juga untuk kelangsungan para pemain itu sendiri," tambah Aris Budi Sulistyo.

4 dari 5 halaman

Bersaing Ketat

Pria yang pernah membawa Persik Kediri meraih trofi juara Liga Indonesia pada medio 2003 itu meyakini banyaknya pemain dari kompetisi lokal, plus beberapa amunisi keturunan akan membuat persaingan di skuad Timnas Indonesia semakin ketat.

"Dan para pemain ini pasti juga akan menunjukkan kalau suatu saat akan diberi kesempatan untuk menjadi pemain di Timnas Indonesia U-23 ataupun Timnas Indonesia senior," ucap Aris Budi Sulistyo.

"Bahkan level di bawah usia 20 atau 17 tahun pun mereka sekarang akan bersaing karena persaingan semakin tambah ketat," pungkasnya.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Jumat, 26 April 2024

  • Korsel U-23 Vs Timnas Indonesia U-23
  • Stadion Abdullah bin Khalifa
  • Kick-off: 00.30 WIB

Video Populer

Foto Populer