Sukses


Gibran Rakabuming Raka Spill Rencana Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Co-host Bareng Arab Saudi pada 2034?

Bola.com, Jakarta - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyebut Indonesia berpeluang untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia setelah performa apik Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024.

Menariknya, jatah untuk menggelar Piala Dunia selanjutnya di Asia sudah menjadi milik Arab Saudi, yaitu Piala Dunia 2034. Namun, kini ada kemungkinan Indonesia bergabung menjadi tuan rumah bersama untuk edisi tersebut.

Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan bahwa ada rencana Indonesia untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu juga mengungkapkan Ketua PSSI, Erick Thohir, sudah melakukan pembicaraan itu di Qatar.

"Ada arah ke sana. Pak Ketum PSSI kan juga sudah di Qatar, sudah ada pembicaraan di sana," ujar Gibran seperti dilansir dari Antara, Selasa (23/4/2024).

"Sekali lagi banyak ekosistem sepak bola, fasilitas stadion, apa pun itu, punya kita sudah sangat mumpuni. Tinggal menunggu event-event saja. Semoga event sepak bola internasional ke depan bisa lebih baik lagi," lanjutnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jalin Kerja Sama dengan Arab Saudi?

 

Penentuan tuan rumah Piala Dunia yang dilakukan FIFA selama ini berdasarkan giliran konfederasi atau anggota asosiasi benua, seperti UEFA, CONCACAF, AFC, CONMEBOL, CAF, atau OFC.

Sebagaimana sudah ditentukan, tiga negara CONCACAF sudah dipastikan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026, yaitu Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko.

Sementara untuk Piala Dunia 2030 FIFA memutuskan digelar di Maroko yang ada di Afrika dan Portugal serta Spanyol di Eropa.

Untuk Piala Dunia 2034, di mana Timnas Indonesia sempat mengajukan bidding bersama negara-negara ASEAN dan kemudian juga bersama Australia, FIFA memutuskan memberikan hak tuan rumah kepada Arab Saudi.

Kini setelah Arab Saudi terpilih, kabarnya ada rencana Indonesia untuk bersama dengan negara timur tengah itu menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.

3 dari 4 halaman

Sudah Sempat Mengajukan Bidding

 

Sebelum FIFA memutuskan Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034, PSSI sudah lebih dulu turut dalam proses bidding tuan rumah untuk edisi tersebut.

Pertama Indonesia bersama 9 negara Asia Tenggara lain mengajukan bidding bersama dengan pengajuan atas nama ASEAN.

Kemudian setelah begitu banyak dinamika yang terjadi, Indonesia turut ambil bagian dalam rencana Australia mengajukan bidding menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034, bersama Selandia Baru, Malaysia, dan Singapura.

Namun, pada akhirnya Indonesia, Singapura, dan Malaysia menarik diri dan mendukung Arab Saudi mengajukan bidding sebagai sesama anggota asosiasi AFC.

Kini setelah Arab Saudi benar-benar terpilih oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034, apakah ada kesempatan bagi Indonesia juga untuk bisa menjadi tuan rumah bersama?

4 dari 4 halaman

Pengalaman Menggelar Piala Dunia U-17

Rencana Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia tentu bukan hal yang mustahil. Keberhasilan Indonesia menggelar Piala Dunia U-17 2023 di empat kota di Indonesia menjadi awal yang bagus.

Setelah sempat dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dan batal karena pandemi COVID-19, FIFA memberikan hak tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 kepada Indonesia.

Namun, dinamika membuat FIFA menarik hak tersebut dan memberikannya kepada Argentina pada 2023. Indonesia kemudian diberikan hak untuk menggelar Piala Dunia U-17 2023 yang rencana awal digelar di Peru.

Ketidaksiapan Peru menggelar event tersebut membuat Indonesia pada akhirnya berhasil mendapatkan kesempatan untuk menggelar turnamen sepak bola level dunia pada kategori usia U-17 tersebut.

Sumber: Antara

Video Populer

Foto Populer