Sukses


Timnas Indonesia U-23 ke Semifinal Piala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong: Jelas Kita Bisa Masuk Final

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 kembali mengukir sejarah dengan lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah menyingkirkan Korea Selatan U-23 hari Jumat (26/04/2024) dini hari WIB.

Garuda Muda menang 11-10 (2-2) lewat babak adu penalti yang berlangsung. Kini Timnas Indonesia U-23 tinggal menunggu lawan di semifinal antara Uzbekistan atau Arab Saudi pada Senin 29 April 2024 . 

Pada sesi konferensi pers usai pertandingan, pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, mengakui hasil ini meningkatkan kepercayaan diri timnya.

Menurut juru taktik berusia 53 tahun itu, target ke final pun kini menjadi hal yang mungkin dicapai Timnas Indonesia U-23. 

"Saya tidak bisa mengatakan bahwa kami tak bisa memenangkan kejuaraan. Jelas, kami bisa mencapai final. Hal itu memberi kami kepercayaan diri dan kami mampu mencapai empat besar," kata Shin Tae-yong. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Perasaan Campur Aduk

Berbicara usai pertandingan, Shin Tae-yong mengaku satu sisi bahagia melihat Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23. 

Namun sisi lainnya, STY merasa sedih karena melihat fakta negara asalnya Korea Selatan U-23 harus tersingkir dan bakan dipastikan tidak lolos ke Olimpiade Paris 2024.

"Saya sangat senang dan bahagia, tetapi di sisi lain, ini sangat menyedihkan dan sulit," kata Shin Tae-yong yang baru pertama bertemu Korsel sebagai lawan," kata Shin Tae-yong. 

"Pemenangnya harus ditentukan, dan sekarang saya bertanggung jawab atas tim Indonesia. Saya harus melakukan yang terbaik untuk Indonesia," tambahnya. 

3 dari 3 halaman

Penampilan Heroik Ernando Ari

Selain itu, pada laga ini kiper Ernando Ari juga tampil heroik. Kiper asal klub Persebaya tersebut melakukan sejumlah aksi penyelamatan.

Puncaknya saat fase adu penalti. Ia menepis dua tembakan pemain Korea Selatan, yakni Kang Sang-yoon dan Kang-Hee Lee. Sementara itu, dari kubu Indonesia, hanya Arkhan Fikri yang gagal mencetak gol. Pertandingan pun berakhir dengan skor 11-10 untuk kemenangan Indonesia.

Menariknya, Ernando tidak diam saja usai berhasil menepis tendangan penalti pemain Korea Selatan. Ia langsung berjoget di dekat aksekutor penalti tersebut.

Selanjutnya, Indonesia akan melawan Uzbekistan atau Arab Saudi pada semifinal Piala Asia U23 2024 yang berlangsung Senin (29/4) mendatang.

Video Populer

Foto Populer