Sukses


Dekat Banget dengan Pemain Timnas Indonesia, Shin Tae-yong: Mereka Lebih Muda dari Anak Sulung Saya

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, mengungkap kunci keberhasilannya menembus semifinal Piala Asia U-23 2024. Dia mengaku menjalin kedekatan dengan para pemain.

Nilai-nilai kebersamaan menyelimuti para pemain Timnas Indonesia U-23. Dari situ, mereka mau berkembang bersama dan menghormati Shin Tae-yong sebagai sosok pelatih. Hasilnya pun terlihat di Piala Asia U-23 2024.

“Mereka lebih muda dari putra sulung saya. Usia mereka hampir sama dengan putra kedua saya. Mereka menyukai saya dan menghormati saya. Saya pikir itu sebabnya kami memiliki hubungan yang baik,” ucap Shin Tae-yong dalam wawancara bersama media Korea Selatan, MBC.

Selama ini, Shin Tae-yong memang dikenal dekat dengan para pemainnya. Tak jarang, dia berbuat usil kepada mereka saat sesi latihan. Hal itu cukup menggambarkan kedekatannya dengan Rizky Ridho dkk.

Pernah juga, para pemain saling menggendong dalam sesi latihan. Tujuannya ntuk berjalan di atas pasir yang menuntut keseimbangan. Ini juga melatih chemistry untuk membangun kedekatan.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Perhatikan Hal Kecil

Selain itu, ada juga momen Shin Tae-yong membalut kaki kanan Pratama Arhan dengan perban. Momen ini juga menunjukkan kasih sayang pelatih asal Korea Selatan itu terhadap pemainnya.

Timnas Indonesia U-23 sebenarnya berstatus tim kuda hitam karena jadi satu-satunya tim debutan di Piala Asia U-23 2024. Apalagi, di fase grup, mereka masuk ke grup yang terhitung berat.

Tim Garuda Muda telah melewati banyak rintangan selama mengikuti turnamen ini. Tapi, mereka terbukti bisa melampauinya, dimulai dari kiprah saat fase grup.

Di Grup A, Timnas Indonesia U-23 sempat kalah 0-2 dari tuan rumah Qatar (15/4/2024). Tapi, Shin Tae-yong membawa timnya bangkit dengan menang 1-0 atas Australia (18/4/2024) dan unggul 4-1 atas Yordania (21/4/2024).

Sampai akhirnya, Timnas Indonesia U-23 juga berhasil memenangkan pertandingan perempat final melawan Korea Selatan U-23 (26/4/2024). Duel itu berakhir 2-2 sampai 120 menit, penentuan kemudian dilakukan di babak adu penalti yang berakhir 11-10.

“Saya selalu mengatakan bahwa tim kami adalah tim yang beruntung. Pemain kami sangat bekerja keras. Saya juga bekerja keras untuk meningkatkan permainan Timnas Indonesia,” ucap Shin Tae-yong.

3 dari 4 halaman

Olimpiade

Turnamen ini sendiri juga menjadi ajang kualifikasi untuk Olimpiade Paris 2024. Wakil dari AFC adalah tim tiga besar turnamen ini. Artinya, Timnas Indonesia U-23 dipastikan tampil di Olimpiade jika menembus final.

Lalu, tim peringkat keempat berpotensi lolos, namun harus mengikuti play-off melawan wakil CAF atau Afrika. Jadi, jika Timnas Indonesia U-23 kalah, masih ada kans ke Olimpiade, syaratnya mengalahkan Guinea.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, optimistis timnya bisa menebus partai final Piala Asia U-23 2024. Dia meyakinkan para pemainnya untuk memiliki motivasi memenangkan laga semifinal.

“Saya bilang kepada mereka bahwa kami bisa melaju ke final. Saya bilang bahwa saya percaya mereka. Mereka termotivasi dan bermain bagus. Saya pikir itulah yang membuat kami bisa berangkat ke Olimpiade,” ujar Shin Tae-yong.

4 dari 4 halaman

Tantang Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 dipastikan akan berjumpa dengan Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024. Duel itu bakal digelar di Stadion Abdullah bin Khalifah, Senin (29/4/2024) malam.

Uzbekistan sendiri memiliki catatan yang sangat impresif dengan selalu menang dan kebobolan sejak fase grup. Terakhir, mereka menumbangkan Arab Saudi dengan skor 2-0 di perempat final, Jumat (26/4/2024) malam.

Video Populer

Foto Populer