Sukses


Teka-Teki Pelengkap Slot Championship Series dan Degradasi BRI Liga 1 2023 / 2024: Kesempatan Terakhir

Bola.com, Jakarta - Kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 semakin mendekati akhir dengan hanya menyisakan satu pekan saja. Muncul persaingan sengit untuk memperebutkan satu slot terakhir zona championship series maupun menghindari degradasi.

Sesuai regulasi, ada empat tim yang akan masuk championship series. Sudah ada tiga tim yang memastikan meraih tiket itu, yakni Borneo FC, Persib Bandung, dan Bali United. Kini tersisa satu saja.

Ada tiga tim yang akan bersaing untuk mendapat satu slot tersisa. Mereka adalah Madura United, PSIS Semarang, dan Dewa United. Semua pertandingan yang melibatkan tiga tim ini akan digelar bersamaan, Selasa (30/4/2024) sore.

Posisi keempat untuk sementara dihuni oleh Madura United dengan 54 poin. Tim Laskar Sape Kerap berkesempatan untuk meraih tiket championship series, syaratnya tentu saja harus menang melawan Arema FC di pekan ke-34.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Penentu Nasib

Duel ini diprediksi akan berlangsung sengit. Pasalnya, Arema sendiri juga belum dalam posisi aman dari ancaman degradasi. Artinya, kedua tim akan saling sikut untuk meraih kemenangan demi misi masing-masing.

Lalu, ada PSIS Semarang di urutan kelima dengan 53 poin. Laskar Mahesa Jenar akan bertandang ke markas Persija Jakarta. Kemenangan tak langsung membuat PSIS lolos, tapi harus menghadap Madura United kalah juga.

Terakhir, Dewa United berada di peringkat keenam mengoleksi 51 angka. Ada kans menang dengan menghadapi Borneo FC yang sudah juara regular series. Borneo sendiri sudah menelan tiga kekalahan beruntun.

Situasi Dewa United tidak mudah karena kemenangan atas Borneo FC tidak cukup untuk membawa mereka lolos. Jika mengalahkan Borneo, Dewa United akan mengoleksi 54 angka.

Di sisi lain, Dewa United akan diuntungkan kalau Madura United kalah. Sebab, Dewa United unggul head-to-head dan berhak menduduki posisi keempat. Tapi, PSIS juga harus kalah dari Persija.

3 dari 5 halaman

Papan Bawah Panas

Sedangkan persaingan untuk lepas dari zona degradasi semakin ketat karena Persikabo 1973 dan Bhayangkara FC saja yang dipastikan turun kasta. Hanya ada satu tim lagi yang akan turun kasta.

Ada empat tim yang masih harus bersaing untuk tetap bertahan di Liga 1. Secara berurutan mulai posisi ke-13, mereka adalah Arema FC (37 poin), PSS Sleman (36), Persita Tangerang (36), dan RANS Nusantara (35).

Situasi klasemen berubah drastis hanya dalam tiga pekan. Di pekan ke-31 lalu, Arema ada di posisi ke-16 atau posisi teratas zona degradasi. Di pekan ke-32, giliran Persita. Kini, RANS Nusantara yang dalam kondisi terjepit.

Bagi tim yang saat ini di zona aman, RANS Nusantara jadi acuan mereka untuk bisa lolos. Sebab, tim berjulukan The Phoenix itu kini menduduki posisi ke-16 atau posisi teratas di zona merah dengan 35 poin.

Seperti disebutkan, Arema FC jadi tim yang dalam situasi paling aman di antara empat tim yang terancam degradasi. Singo Edan kini menduduki peringkat ke-13 dengan 37 angka.

Di pekan ke-34, Arema akan bertandang ke markas Madura United. Jika berhasil menang, Arema tentu tidak perlu pusing lagi karena mereka dipastikan bertahan di Liga 1.

Masalahnya, Madura United juga masih berpeluang lolos ke championship series. Mereka juga memerlukan setidaknya kemenangan demi bisa menjaga kans juara Liga 1.

4 dari 5 halaman

Bakal Deg-degan

Berbeda dengan Arema, PSS Sleman akan berstatus sebagai tuan dengan menghadapi Persib Bandung di pekan ke-34. Tim berjulukan Super Elang Jawa ini berada di posisi ke-14 dengan 36 angka.

Tim berjulukan Super Elang Jawa itu juga wajib mengamankan poin penuh demi tidak turun kasta. Situasi jadi lebih mudah karena Persib Bandung sudah dipastikan masuk zona championship dengan status runner-up.

Tapi, PSS bisa saja terpeleset dan malah bertukar posisi dengan tim-tim di bawahnya jika tidak mampu memenangkan pertandingan ini.

Tim Pendekar Cisadane juga akan berstatus sebagai tim tuan rumah dengan menjamu Bali United. Persita kini ada di posisi ke-15 atau posisi terbawah zona aman dengan mengoleksi 36 poin, sama dengan PSS.

Situasinya hampir sama dengan PSS. Bali United sudah memastikan lolos ke championship series dengan status peringkat ketiga. Artinya, Persita harus bisa memanfaatkan laga ini untuk meraih kemenangan dalam situasi tim lawan kemungkinan menurunkan pemain pelapis.

RANS Nusantara secara tidak terduga masuk zona degradasi, tepatnya posisi ke-16, dengan 35 angka saja dari 33 laga. Mereka kini harus berjuang ekstra mengalahkan PSM Makassar di laga terakhir.

Menariknya, PSM sudah tidak mungkin masuk championship series atau terancam degradasi. Artinya, ada kesempatan bagi RANS untuk memenangkan pertandingan dan mentas dari zona merah.

Masalahnya, kemenangan saja tak cukup buat RANS Nusantara. Mereka harus bergantung pada hasil pertandingan tiga tim lain di atas. Kalau di antara Arema, PSS, atau Persita ada yang kalah, RANS punya peluang bertahan di BRI Liga 1.

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Persaingan di Musim Ini

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer