Sukses


Aneh! Situs AFC Tulis Justin Hubner Absen Bela Timnas Indonesia U-23 Vs Irak Malam Ini, Kontradiktif dengan Regulasi Piala Asia U-23

Bola.com, Doha - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menerbitkan pratinjau pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Irak U-23 kontra Timnas Indonesia U-23.

Dalam artikel yang terbit di situs AFC pada Rabu (1/5/2024) itu, AFC menarasikan dua pemain Timnas Indonesia U-23, Rizky Ridho dan Justin Hubner, akan absen melawan Irak U-23.

Laman AFC mendeksripsikan pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, mesti menerima kenyataan tidak bisa memainkan Rizky Ridho dan Justin Hubner untuk menghadapi Irak U-23.

"Shin Tae-yong, yang sudah membuat sejarah dengan memimpin tim debutan ke tahap ini, juga harus menghadapi ketidaktersediaan," tulis AFC.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kartu Merah Rizky Ridho

"Yaitu bek tengah Rizky Ridho, sang kapten, dan Justin Hubner, yang merupakan komponen kunci dari tiga bek di lini belakang," ungkap AFC.

Timnas Indonesia U-23 akan menantang Irak U-23 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, pada Kamis (2/5/2025) malam WIB. Rizky Ridho memang tidak bisa bermain karena menjalani skorsing kartu merah.

Kapten Timnas Indonesia U-23 itu mendapatkan kartu merah langsung sewaktu berhadapan dengan Timnas Uzbekistan U-23 dalam semifinal Piala Asia U-23 2024 pada 29 April 2024.

3 dari 4 halaman

Seharusnya Diputihkan

Namun, untuk Justin Hubner, bek Cerezo Osaka di Liga Jepang itu tetap bisa memperkuat Timnas Indonesia U-23. Sebab, pemain berusia 20 tahun itu tidak dalam akumulasi kartu atau cedera.

Justin Hubner memang telah mengantongi dua kartu kuning sepanjang Piala Asia U-23. Pemain berkaki kidal ini menerimanya saat melawan Timnas Yordania U-23 di penyisihan grup dan Uzbekistan U-23 di semifinal.

Regulasi Piala Asia U-23 2024 pasal 54 tentang Peringatan dan Pengusiran ayat 54.1.4 menjelaskan bahwa kartu kuning pemain di penyisihan grup sudah tidak berlaku setelah melewati perempat final alias bahasa sederhananya diputihkan.

4 dari 4 halaman

Aturan di Regulasi Piala Asia U-23

"Setiap pemain peserta atau ofisial peserta yang menyelesaikan penyisihan grup dan perempat final hanya dengan menerima satu peringatan tidak akan menyalurkan peringatan tersebut ke semifinal," tulis regulasi Piala Asia U-23 2024.

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto, mengonfirmasi status Justin Hubner. Tangan kanan Shin Tae-yong ini mengungkapkan bahwa palang pintu naturalisasi kelahiran Belanda itu tidak dalam masa skorsing untuk menghadapi Irak U-23.

"Justin Hubner bisa bermain karena sebelum semifinal Piala Asia U-23 ada pemutihan. Kecuali pemain yang terkena kartu kuning pada perempat final," ujar Nova kepada Bola.com, Kamis (2/5/2024).

Video Populer

Foto Populer