Sukses


Marc Klok Tanggapi Hujatan Netizen terhadap Marselino Ferdinan: Dia Oke, Sudah Kuat Mental Kok

Bola.com, Bandung - Gelandang Persib Bandung, Marc Klok angkat bicara atas hujatan suporter terhadap satu pemain Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan usai kalah oleh Irak 1-2 di Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

Hujatan suporter menyerang instagram pribadinya, lantaran pemain Persebaya Surabaya itu dinilai terlalu egois saat menghadapi Irak di perebutan posisi tiga agar bisa lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

Menanggapi hal itu, Marc Klok mengaku sudah melakukan komunikasi dengan Marselino Ferdinan terhadap kondisinya usai mendapat hujatan dari para suporter.

"Saya WhatsApp dia dan semua oke. Tapi, ini sepak bola dan mungkin ini Indonesia. Menurut saya dia tidak melakukan hal yang buruk dan tidak lakukan masalah," ujar Marc Klok di Bandung, Minggu (5/5/2024).

"Hanya mungkin pengambilan keputusan waktu itu tidak terlalu baik. Tapi, ini sepak bola juga tidak bisa selalu ambil keputusan yang bagusnya saja, selalu bikin asisst atau gol," lanjut Marc Klok.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kerja Keras

Pemain Persib kelahiran Belanda ini menghargai dengan kerja keras yang sudah diperlihatkan oleh Marselino Ferdinan untuk negara Indonesia. Karena itu, seharunya kata Klok tidak perlu ada hujatan untuk sosok pemain yang masih muda seperti Marselino.

"Tapi yang penting saya bicara sama dia, pasti hal ini akan dilakukan lebih banyak lagi. Yang penting bagaimana kamu mengatasinya dan bagaimana anda menghadapi komentar itu," ujar Klok.

Yang pasti menurut Klok jika memiliki pemain bintang di Indonesia dengan talenta sangat baik, tidak perlu membuat sang pemain menjadi down. "Justru kita harus kasih dia motivasi supaya bisa lebih pintar lagi," tegas Klok.

"Tapi, kalau di sini mungkin kalau main tidak bagus atau hasil di sini tidak baik, selalu mencari seseorang untuk disalahkan. Saya rasa itu hal yang tidak benar untuk dilakukan. Kita harus saling mengangkat, itu negara kita, itu Timnas kita," tambah Klok.

3 dari 4 halaman

Lebih Semangat Lagi

Bahkan di saat terpuruk, sambung, gelandang Persib bernomor punggung 23 ini justru harus diberikan motivasi agar di pertandingan ke depan bisa lebih kerja keras dan lebih semangat lagi.

"Jadi untuk Marselino, terutama saat ini, ini adalah sepak bola dan harus menghadapinya. Dia pria kuat yang saya kenal dan dia juga mengatakan pada saya bahwa tidak terlalu peduli tentang itu," ucap Klok.

4 dari 4 halaman

Olimpiade

Lebih lanjut Klok berharap Timnas Indonesia di bawah polesan Shin Tae-yong itu berharap bisa lolos ke Olimpiade 2024 Paris, dimana Indonesia akan menghadapi Guinea U-23 pada 9 Mei 2024 nanti.

"Semoga Indonesia bisa lolos ke Olimpiade. Ini sangat bagus untuk negara kita, Indonesia. Walaupun sulit, saya lihat negara lain sangat-sangat keras dan kondisi fisik mereka sangat kuat. Tapi, semua bisa, saya yakin bisa," tegas Klok optimistis.

Video Populer

Foto Populer