Sukses


Guinea Bukan Lawan Kaleng-Kaleng, Timnas Indonesia U-23 Wajib Pede Menang dan Lolos ke Olimpiade 2024

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan menjalani laga berat melawan Timnas Guinea U-23 pada playoff perebutan tiket Olimpiade 2024. Kedua tim akan berduel di INF Clairefontaine, Clairefontaine-en-Yvelines, Prancis, Kamis (9/5/2024) malam WIB.

Guinea U-23 bukan lawan sembarangan. Mereka layak diwaspadai karena dihuni sederet pemain berkualitas yang berkarier di Eropa. Sebut saja Saidou Sow (Strasbourg/Prancis), Ousmane Camara (FC Annecy/Prancis), Amadou Diallo (Stade Rennais/Prancis), Issiaga Camara (Nice/Prancis), dan Ilaix Moriba (Getafe/Spanyol).

Meskipun demikian, Tim Garuda Muda tentu tak akan menyerah begitu saja. Apalagi, duel melawan Guinea krusial untuk dimenangkan Timnas Indonesia U-23, demi asa berlaga di Olimpiade 2024 Paris.

Berbekal pengalaman di Piala Asia U-23 2024, skuad besutan Shin Tae-yong itu diharapkan bisa membendung perlawanan wakil Afrika Barat tersebut. Hal ini disampaikan pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto.

"Memang Guinea bukan lawan sembarangan, namun kita tetap harus menanamkan keyakinan dan motivasi bahwa pemain-pemain kita bisa menang," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Selasa (7/5/2024) sore WIB.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bermain Kolektif

Menurut Erwan Hendarwanto, Timnas Indonesia U-23 bisa mengalahkan Timnas Guinea U-23, asalkan Garuda Muda bermain lebih kolektif. Pria asal Magelang, Jawa Tengah itu berharap Ivar Jenner dkk. bermain sebagai tim, bukan individu.

"Memainkan sepak bola seperti saat melawan Korea Selatan dan Australia menurut saya paling pas dalam mengantisipasi postur dan fisik pemain Guinea," katanya.

"Bermain dengan kombinasi bola-bola pendek cepat dengan mengandalkan kolektifitas tim yang kompak, saya kira akan meredam keunggulan fisik dan postur lawan," sambung Erwan Hendarwanto.

 

3 dari 4 halaman

Tidak Bergantung Satu Pemain

Lini belakang Timnas Indonesia U-23 terancam berlubang dalam bentrok lawan Guinea. Dua bek andalan, Justin Hubner dan Rizky Ridho, tidak bisa dimainkan pada laga nanti.

Saat ini, Justin Hubner telah berada di Jepang untuk membela klubnya, Cerezo Osaka. Sementara itu, Rizky Ridho mendapatkan skorsing dua pertandingan imbas kartu merah yang diterimanya saat melawan Uzbekistan pada semifinal Piala Asia U-23 2024.

"Terkait dengan absennya dua pemain belakang yang selama ini menjadi tumpuan saya kira cukup menjadi kendala. Namun, kehadiran Alfeandra Dewangga dan kabarnya Elkan Baggott juga sedang diusakan untuk gabung Timnas, saya rasa keduanya nanti bisa menggantikan Rizky Ridho dan Justin Hubner," ucapnya.

"Semua harus yakin siapapun yang bermain bisa memberikan yang terbaik, jangan sampai kita terbiasa dan tergantung dengan satu atau dua pemain saja," pungkas Erwan Hendarwanto.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Guinea Vs Timnas Indonesia U-23

  • Play-off Olimpiade 2024
  • Kamis, 9 Mei 2024
  • Stadion Centre National du Football de Clairefontaine, Paris
  • Pukul: 19.00 WIB
  • Live streamingL FIFA+
  • Siaran langsung: RCTI

Video Populer

Foto Populer