Sukses


Prakiraan Starting XI Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea di Playoff Olimpiade 2024: Siap-Siap Ada Kejutan di Lini Belakang?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan bentrok dengan Guinea pada laga playoff Olimpiade 2024, Kamis (9/5/2024) malam WIB. Tim Garuda Muda bertekad membungkam Guinea dan meraih tiket terakhir ke Olimpiade.

Timnas Indonesia U-23 gagal mengamankan tiket lolos langsung ke Olimpiade 2024, setelah menelan kekalahan pada partai perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024.

Bersua Irak di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Kamis (3/5/2024) malam WIB, Tim Garuda Muda menyerah dengan skor 1-2. Padahal, anak asuh Shin Tae-yong tersebut berhasil unggul lebih dulu berkat gol Ivar Jenner pada menit ke-19.

Alhasil, Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Guinea pada laga playoff Olimpiade 2024 Paris. Duel kedua tim dijadwalkan berlangsung di Stadion Centre National du Football de Clairefontaine, Paris, Kamis (9/5/2024).

Demi bisa memetik kemenangan dalam pertandingan tersebut, pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, bakal menurunkan skuad terbaiknya. Lantas, seperti apa formasi yang bakal diterapkan STY dalam duel kali ini?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Lini Belakang Berlubang

Lini belakang Timnas Indonesia U-23 terancam berlubang dalam bentrok lawan Guinea. Dua bek andalan, Justin Hubner dan Rizky Ridho, tidak bisa dimainkan pada laga nanti.

Saat ini, Justin Hubner telah berada di Jepang untuk membela klubnya, Cerezo Osaka. Adapun Rizky Ridho mendapatkan skorsing dua pertandingan imbas kartu merah yang diterimanya saat melawan Uzbekistan pada semifinal Piala Asia U-23 2024.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, dan Ketua PSSI, Erick Thohir, meminta Pemerintah Jepang untuk mendorong Cerezo Osaka supaya melepas Justin Hubner ke Timnas Indonesia U-23 untuk playoff Olimpiade 2024.

Namun sampai saat ini, masih belum ada jawaban dari Cerezo untuk melepaskan Justin Hubner ke Tim Garuda Muda.

 

3 dari 6 halaman

Bakal Ada Kejutan di Lini Belakang?

Situasi tersebut membuat pelatih Shin Tae-yong harus memutar otak mencari pengganti ideal untuk Rizky Ridho dan Justin Hubner. Untuk menggantikan peran Rizky Ridho, pelatih asal Korea Selatan tersebut memanggil Alfeandra Dewangga.

Alfeandra Dewangga telah tiba di Paris pada Selasa (7/5) pagi waktu setempat usai melahap penerbangan dari Semarang, Senin (6/5) sore WIB, ke Jakarta dan transit di Singapura.

Sementara itu, peran Justin Hubner bakal dipercayakan kepada Komang Teguh. Lantas, masih adakah kejutan untuk pos di lini belakang?

Santer beredar kabar jika Shin Tae-yong akan coba memanggil Elkan Baggott. Kans Elkan untuk membela Timnas Indonesia U-23 cukup besar, karena sang pemain telah merampungkan musim ini.

Setelah menjalani peminjaman di Bristol Rovers selama setengah musim, pemain berusia 21 tahun ini sudah dikembalikan ke Ipswich Town.

Perjalanan Ipswich Town di musim ini juga sudah selesai. Tim berjulukan The Tractor Boys itu baru saja menyegel tiket promosi ke Premier League untuk musim depan.

"Kami sedang mencoba menarik Elkan Baggott. Sebab, di Bristol Rovers, ia sudah tidak bermain. Ipswich Town juga telah naik kasta ke Premier League," ucap Ketua PSSI, Erick Thohir, pada beberapa waktu lalu.

 

4 dari 6 halaman

Lini Tengah

Ivar Jenner dan Nathan Tjoe-A-On tidak tergantikan sebagai double pivot di Timnas Indonesia U-23. Pratama Arhan juga telah mengunci pos wingback kiri. Keraguan tertuju terhadap wingback kanan.

Timnas Indonesia U-23 tidak mempunyai pemain tetap di posisi itu. Rio Fahmi, Fajar Fathur Rahman, dan Jeam Kelly Sroyer dicoba secara bergantian di Piala Asia U-23 2024. Namun, mama pertama memiliki atribut defensif yang lebih baik dan cocok dipasang kontra Guinea.

 

5 dari 6 halaman

Lini Depan

Trisula Witan Sulaeman-Rafael Struick-Marselino Ferdinan akan kembali menjadi tumpuan Timnas Indonesia U-23 di lini depan. Ketiganya kerap bermain cair dan fleksibel untuk mengisi posisi satu sama lain.

Khusus untuk Marselino Ferdinan, ia dapat menjawab kritikan hingga hujatan dari netizen dengan menjadi team player ketika melawan Guinea U-23. Tidak perlu banyak menguasai bola, yang penting pemain berusia 19 tahun itu mesti tepat dalam mengambil keputusan.

 

6 dari 6 halaman

Prakiraan susunan pemain:

Formasi (3-4-3)

  • Kiper: Ernando Ari
  • Bek: Muhammad Ferarri, Komang Teguh/Elkan Baggott, Alfeandra Dewangga
  • Gelandang: Fajar Faturrahman, Ivar Jenner, Nathan Tjoe A On, Pratama Arhan
  • Pemain depan: Witan Sulaeman, Rafael Struick, Marselino Ferdinan

Video Populer

Foto Populer