Sukses


Aji Santoso Tekankan 3 Hal Kepada Timnas Indonesia U-23 Jelang Bentrok Vs Guinea: Enjoy The Game, Ambil Pengalaman

Bola.com, Jakarta - Mantan pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso berharap Timnas Indonesia U-23 mampu menuntaskan impian masyarakat Indonesia dengan menembus putaran final Olimpiade Paris 2024.

Skuad Garuda Muda bakal menghadapi Guinea pada babak play-off yang berlangsung di Clairefontaine Arena, Paris, Kamis (9/5/2024) malam WIB.Ini merupakan kesempatan terakhir anak asuh Shin Tae-yong untuk mengulang pencapaian di tahun 1958.

Kala itu, tim sepak bola putra Indonesia tampil di Olimpiade Sydney. Namun, pelatih asal Malang itu menilai hal tersebut tak akan mudah dilakukan. Sebab, kualitas lawan terbilang satu level di atas mereka.

"Tentunya sebagai warga negara Indonesia ingin lolos. Tetapi tim Guinea ini bukan tim sembarangan, ini juga tim bagus, peringkat 76 dunia. Meskipun itu bukan suatu jaminan memenangkan pertandingan," ucapnya.

Aji berpesan, pemain Timnas Indonesia U-23 menikmati pertandingan dan ambil pengalaman. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Lawan Pemain Kelas Eropa

Pria yang juga menggemari tenis itu, memang tak sembarangan berbicara. Ia mengaku ikut memelajari kekuatan wakil Afrika yang jadi lawan terakhir Indonesia.

"Dari 20 pemain, tim Guinea ini 16 di antaranya adalah pemain yg bermain di Eropa. Itu artinya 16 pemain ini pasti memiliki kualitas dan itu yang harus diantisipasi," jelasnya.

"Jadi paling tidak, kita sudah tahu seberapa kuat mereka. Peluangnya tetap ada meskipun kita harus menyampaikan faktanya," sambung Aji.

3 dari 4 halaman

Tanpa Dua Center Back Andalan

Pelatih berusia 54 tahun itu mengaku ikut merasakan pusingnya pelatih Shin Tae-yong (STY) dalam menyusun tim. Rizky Ridho absen karena sanksi kartu merah, sementara Justin Hubner belum mendapatkan lampu hijau dari Cerezo Osaka.

"Tentu akan mengurangi kekuatan lini pertahanan kita. Ini adalah tugasnya Coach STY. Bagaimana dia menemukan solusi karena pelatih dihadirkan salah satunya untuk menghadirkan solusi ketika tim mengalami masalah," ungkapnya.

"Semoga Coach Shin bisa menemukan pengganti dari 2 pemain tersebut meskipun memang harus jujur diakui kualitas pemain-pemain cadangan tentunya sedikit berbeda dengan langganan starter," tutup Aji.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Kamis, 9 Mei 2024

  • Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea 
  • Kick-off: 20.00 WIB
  • Live: RCTI
  • Live streaming: FIFA+ 

Video Populer

Foto Populer