Sukses


Shin Tae-yong Takjub dengan Leadership Nathan Tjoe-A-On di Timnas Indonesia U-23: Pemain Lokal Terlalu Diam, Malu, dan Enggak Enakan

Bola.com, Paris - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, takjub dengan Nathan Tjoe-A-On. Bek asal SC Heerenveen itu memang mempunyai jiwa kepemimpinan di atas lapangan.

Nathan Tjoe-A-On beberapa kali terlihat menegur dan memberikan instruksi kepada rekan-rekannya yang melakukan kesalahan ketika Timnas Indonesia U-23 bermain di Piala Asia U-23 2024.

"Hal-hal seperti itu memang dari pemain harus belajar. Sepertinya adalah budaya tidak saling menyalahkan di lapangan dari pemain Indonesia," ujar Shin Tae-yong.

"Artinya, tidak ada komunikasi di antara pemain. Memang yang paling penting itu adalah taktik bicara. Maksudnya, ketimbang taktik lain, yang paling penting itu taktik bicara," tuturnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Minta Pemain untuk Terus Komunikasi

Shin Tae-yong meminta para pemain lokal Timnas Indonesia U-23 meniru Nathan Tjoe-A-On. Rizky Ridho dan kawan-kawan harus menghilangkan rasa tidak enakan dalam situasi apapun, termasuk saat temannya membuat kekeliruan.

"Tetapi pemain lokal terlalu diam. Jadi kalau saya lihat, perilaku Nathan Tjoe-A-On di lapangan itu sangat positif dan baik. Itu yang saya minta ke semua pemain," ucap Shin Tae-yong.

"Tapi, pemain masih saja banyak yang malu dan merasa salah jika memberikan teguran kepada pemain lain. Sebenarnya, komunikasi di lapangan itu sangat baik dan harus terus dilakukan," katanya.

3 dari 3 halaman

Andalan Timnas Indonesia U-23 di Play-off Olimpiade

Di Piala Asia U-23, Nathan Tjoe-A-On menjadi satu dari enam pemain yang selalu berlaga dalam enam pertandingan Timnas Indonesia U-23. Pemain berusia 22 tahun itu mengoleksi 549 menit.

Nathan Tjoe-A-On akan kembali menjadi andalan Timnas Indonesia U-23 di babak play-off Olimpiade Paris 2024. Tim berjulukan Garuda Muda itu akan menghadapi wakil Afrika, Timnas Guinea U-23.

Timnas Indonesia U-23 dan Guinea U-23 akan berebut satu tiket ke Olimpiade Paris di INF Clairefontaine, Clairefontaine-en-Yvelines, Prancis, pada Kamis (9/5/2024) malam WIB.

Video Populer

Foto Populer