Sukses


Bedah Strategi Persib Ketika Bertemu Bali United di Championship Series BRI Liga 1: Kuncinya Kuasai Lini Tengah

Bola.com, Bandung - Persib Bandung menargetkan kemenangan atas tuan rumah Bali United dalam laga leg 1 semifinal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 di Bali United Training Center (BUTC), Selasa (14/05/2024).

Tak ada alasan bagi Persib untuk kalah. Karena menurut sang pelatih, Bojan Hodak sudah sejak jauh hari, dirinya menegaskan kalau Maung Bandung tak akan kembali ke Bandung dengan tangan kosong.

"Kami berangkat dengan kekuatan penuh dan akan tampil dengan skuad terbaik," kata Bojan Hodak. Menyambangi Bali, Pangeran Biru berkekuatan 22 pemain yang semuanya dalam kondisi siap tempur.

Bali United jelas bukan lawan yang enteng, mengingat Serdadu Tridatu masih lebih superior. Dalam 25 laga sebelumnya, Persib hanya bisa mengemas empat kemenangan, 10 kali imbang, dan 11 duel lainnya berakhir sama kuat.

Beruntung, tim tamu diuntungkan dengan ketakhadiran pendukung tuan rumah. Karena pertandingan sendiri hanya berlangsung di Bali United Training Center.

Awalnya, laga ini sedianya dihelat di I Wayan Dipta, Gianyar Bali. Namun, karena Stadion I Wayan Dipta masih dipakai untuk perhelatan Piala Asia U-17 Putri, laga akhirnya dipindahkan ke Bali United Training Center (BUTC) dan minus penonton.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Krusialnya Peran Gelandang Persib

Mengingat tuan rumah Bali United juga mengincar kemenangan demi bisa lebih percaya diri melakoni laga leg 2 di Stadion Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (18/5), pelatih Bojan Hodak pastinya sudah menyiapkan strategi "kuncian" untuk memenangkan duel.

Meski enggan membeberkan strategi yang akan dimainkan, tapi bisa dipastikan Persib sangat mengandalkan lini serang.

Maklum, Maung Bandung dijejali pemain-pemain tengah jempolan yang kontribusinya tak perlu diragukan lagi.

Dalam beberapa duel terakhir, Bojan Hodak kerap memainkan formasi 4-3-3 yang menitik beratkan gempuran sekaligus mematikan aliran bola lawan.

Di formasi ini, tiga gelandang: Marc Klok, Dedi Kusnandar, dan Stefano Beltrame memainkan peran krusial.

Trio ini bisa dibilang "nyawa" Maung Bandung karena peran krusial mereka. Ketiganya tak hanya kuat menguasai bola, tapi juga jago gocek, serta memiliki umpan-umpan terukur.

Tak hanya itu, ketiganya juga bertugas mematikan aliran bola lawan sebelum sampai ke jantung pertahan Persib.

 

3 dari 5 halaman

Skenario Lini Tengah Kedua Persib

Dalam situasi tertentu, formasi ini juga mengharuskan dua penyerang di kiri dan kanan yakni Ciro Alves dan Febri Hariyadi turun sedikit ke tengah guna memberikan bantuan terlebih saat ditekan.

Trio yang tak kalah gahar adalah Rachmat Irianto, Ezra Walian, dan Dedi Kusnandar. Rachmat Irianto tipikal gelandang petarung sekaligus pekerja keras.

Pun begitu dengan Ezra Walian, pemain berusia 26 tahun ini punya visi bermain yang sangat baik. Ia juga sosok petarung dengan tekel-tekel cerdas.

Sedangkan Dedi Kusnandar tipikal gelandang bertahan yang ngotot, tak kalah gertak, dan bernyali tinggi.

Dengan semua yang ada padanya, termasuk jam terbangnya yang tinggi, kelahiran Sumedang 32 tahun lalu itu bakal menjadi batu karang bagi gelandang-gelandang Bali United.

 

 

 

4 dari 5 halaman

Lini Tengah Kunci

Dengan dua skenario lini tengah tadi, tak heran jika lini terdepan Persib panen gol. David da Silva misalnya, bomber Brasil ini mampu mengemas 26 gol dan 8 assist. 

Catatan tersebut membuatnya untuk sementara memuncaki daftar top skorer musim ini. Raihan ini tak lepas dari peran para gelandang Persib.

Jika Bali United bisa menguasai lini tengah, besar kemungkinan tim besutan Stefano Cugurra-lah yang akan memenangkan duel. Tapi, jika tidak, sebaliknya Serdadu Tridatu-lah yang bakal tersedu-sedu di akhir laga.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer