Sukses


Dapat Kontrak Baru dari PSSI, Shin Tae-yong Janji Akan Lebih Rajin Belajar Bahasa Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, beberapa kali mendapatkan kritikan. Shin dinilai ogah belajar Bahasa Indonesia.

Padahal, Shin Tae-yong sudah menjadi pelatih Timnas Indonesia sejak akhir 2019. Namun, pelatih asal Korea Selatan tersebut menegaskan ia masih belajar bagaimana berbahasa Indonesia dengan baik.

Dalam waktu dekat, Shin Tae-yong akan meneken kerjasama kontrak baru bersama PSSI. Kontrak itu akan mengikatnya sebagai pelatih Timnas Indonesia hingga 2027.

Shin Tae-yong pun semakin termotivasi untuk belajar Bahasa Indonesia. Eks pasal Timnas Korea Selatan itu bertekad untuk segera mahir.

"Pertama, mohon maaf saya tidak bisa berbahasa Indonesia. Saya akan usahakan sebisa mungkin bisa berbahasa Indonesia karena ke depan akan terus di sini," ujar Shin Tae-yong dalam acara Seremoni Penyerahan Genesis Electrified G80 kepada Perwakilan Tim Nasional Sepak Bola Indonesia di Hyundai Driving Experience SCBD, Selasa (14/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dibantu Jeje

Selama bekerja sebagai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dibantu beberapa penerjemah. Satu diantaranya bernama Jeong Seok-seo.

Sosok yang asli Korea Selatan itu kerap disapa Jeje. Ia acap kali mendampingi Shin Tae-yong dalam banyak kesempatan.

Mulai dari konferensi pers, wawancara, atau ketika Shin Tae-yong menghadiri acara-acara lain yang harus menggunakan Bahasa Indonesia.

3 dari 4 halaman

Melampaui Target

Shin Tae-yong belum lama ini melampaui target yang diberikan PSSI. Timnas Indonesia mampu mencetak sejarah dengan lolos ke-16 besar Piala Asia 2023.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-23 yang juga ditukangi Shin Tae-yong mampu lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024. Tim Garuda Muda bahkan hampir lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

4 dari 4 halaman

Segera Bertemu

Di sisi lain anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga menyebut pihaknya akan segera bertemu dengan Shin Tae-yong dalam waktu dekat. Shin akan segera menandatangani kontrak baru.

Selain itu PSSI dan Shin Tae-yong juga akan membahas banyak hal. Terutama soal target-target baru bersama Timnas Indonesia.

“Pasti kami dalam waktu dekat akan bertemu, pasti dan kami akan bernegosiasi di banyak hal,” kata Arya.

 

Video Populer

Foto Populer