Sukses


Deretan Fakta Menarik yang Terjadi pada Semifinal Leg Pertama Championship Series BRI Liga 1

Bola.com, Sleman - Leg pertama Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 rampung digelar pada Rabu (15/5/2024). Empat tim terbaik saling sikut demi melaju ke final kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Pertemuan pertama antara Bali United versus Persib Bandung berakhir dengan skor sama kuat 1-1. Pertandingan ini digelar di Bali United Training Center pada Selasa (14/5/2024).

Sehari setelahnya giliran jawara Reguler Series BRI Liga 1, Borneo FC bersua Madura United. Duel yang berlangsung di Stadion Gelora Bangkalan, Madura itu dimenangkan tuan rumah dengan skor tipis 1-0.

Keempat tim bakal kembali tampil pada akhir pekan ini. Persib Bandung menjamu Bali United di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/5/2024). Kemudian Borneo FC menantang Madura United di Stadion Batakan, Balikpapan, Minggu (19/5/2024).

Bola.com menyajikan beberapa fakta menarik yang terjadi sepanjang leg pertama Championship Series BRI Liga 1. Yuk simak ulasannya dibawah ini.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

VAR Perdana di Liga 1

Video Asistent Referee (VAR) akhirnya hadir di BRI Liga 1. Momen bersejarah itu terjadi pada leg pertama yang mempertemukan Bali United FC melawan Persib Bandung. Perangkat VAR tersebut ditempatkan di dalam sebuah mobil boks.

Dua wasit VAR yang bertugas pada laga itu adalah Aidil Azmi dan Fajar Furqon. Sementara Heru Cahyono menjadi wasit utama di lapangan.

Salah satu keputusan pengadil yakni memberikan hadiah penalti kepada Persib Bandung. VAR me-review kejadian gelandang Bali United, Kadek Agung, yang menjatuhkan penyerang Persib, David da Silva, di kotak terlarang pada menit ke-51.

 

3 dari 5 halaman

Rekor Bali United Berlanjut

Bali United memang gagal mendulang poin sempurna di kandang, namun tim besutan Stefano Cugurra itu sukses melanjutkan tren positif ketika berjumpa Maung Bandung, julukan Persib Bandung.

Hasil seri tersebut membikin rekor tak terkalahan Bali United atas Persib tetap terjaga sejak 2017.Dalam 12 pertemuan terakhir, Serdadu Tridatu (julukan Bali United) menang sebanyak lima kali.

Sisanya pertandingan berakhir dengan hasil imbang. Adapun gol Bali United tercipta berkat aksi Jefferson Assis di menit ke-83. Persib kemudian menyamakan kedudukan via sundulan David da Silva (90+8').

 

4 dari 5 halaman

Kemenangan Pertama Kandang

Madura United memetik kemenangan penting pada leg pertama Championship Series Liga 1. Hasil itu tidak hanya menjadi modal berharga untuk pertemuan kedua mendatang. Namun, Laskar Sape Kerrab juga berhasil memutus tren buruk melawan Borneo FC di kandang.

Ya, kali terakhir mereka merayakan kemenangan di hadapan publik sendiri terjadi di Liga 1 musim 2019. Sementara dua perjumpaan terakhir, Pesut Etam selalu unggul di markas Madura United. Masing-masing menang 1-0 pada putaran kedua BRI Liga 1 2022/2023 dan 2-1 di putaran pertama BRI Liga 1 2023/2024.

 

5 dari 5 halaman

Kekalahan Kelima Beruntun

Hasil jeblok tersebut menjadi warning tersendiri bagi Borneo FC. Sebab, itu merupakan kekalahan kelima beruntun Pesut Etam di BRI Liga 1. Sempat mencatatkan 19 laga tanpa kalah, Borneo FC justru kepayahan meraih kemenangan hingga babak empat besar.

Empat kekalahan sebelumnya didapat ketika bersua Madura United (0-4), Arema FC (1-2), Persib Bandung (1-2), dan Dewa United (1-2). Yang mengejutkan tentu saja saat Pesut Etam dipaksa menyerah melawan tim papan ba

Video Populer

Foto Populer