Sukses


Starting XI Timnas Indonesia Gabungan Finalis Championship Series BRI Liga 1, Persib dan Madura United: STY Coba Malik Risaldi Dong

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2023/2024 akan memasuki partai final championship series yang mempertemukan Persib Bandung dengan Madura United. Kedua tim itu bakal bersaing untuk meraih titel juara musim ini.

Format laga final sendiri digelar dua leg. Persib akan lebih dulu menjamu Madura United di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Minggu (26/5/2024). Berikutnya leg kedua dimainkan di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Jumat (31/5/2024).

Duel ini akan melahirkan persaingan sengit. Apalagi, kedua tim banyak mengandalkan para pemain asingnya sejak regular series.

Sebut saja Persib memiliki Alberto Rodriguez, Nick Kuipers, Kevin Ray Mendoza, Stefano Beltrame, Ciro Alves, dan David da Silva.

Sedangkan Madura United memiliki sosok Lucas Frigeri, Cleberson, Hugo Gomes Jaja, Francisco Rivera, Jacob Mehler, dan Dalberto.

 

 

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Layak Masuk Timnas Indonesia

Kendati demikian, ada sejumlah pemain lokal yang memiliki kualitas mumpuni juga dan bermain secara reguler.

Mereka tergolong pemain yang menunjukkan performa impresif sejak regular series hingga masuk championship series.

Beberapa di antaranya layak masuk Timnas Indonesia dan mendapat menit bermain. Sayangnya, mereka sayangnya tak masuk daftar skuad Garuda untuk menghadapi Irak dan Filipina pada Juni mendatang.

Bola.com mencoba membuat starting eleven imajiner Timnas Indonesia yang berisikan para pemain Persib Bandung dan Madura United dengan formasi 4-3-3. Simak ulasan berikut:

3 dari 6 halaman

Kiper

Baik Persib maupun Madura United sama-sama mengandalkan kiper asing. Di Persib ada Kevin Ray Mendoza, sedangkan Madura United punya Lucas Frigeri.

Nah, ada satu kiper lokal di antara kedua tim yang tampil cukup apik. Dia adalah Teja Paku Alam, yang tampil dalam 17 laga regular series. Dia tercatat kemasukan 20 gol dan membukukan lima clean sheet.

Sayangnya, setelah itu Teja Paku Alam minim kesempatan sejak kehadiran Ray Mandoza. Teja Paku Alam sendiri termasuk kiper lokal yang sangat baik di bawah mistar.

 

 

 

 

4 dari 6 halaman

Belakang

Komposisi lini pertahanan akan didominasi oleh pemain Madura United dengan menyumbang tiga nama. Ada bek kanan Koko Ari Araya, sedangkan jantung pertahanan bisa diisi oleh Fachruddin Aryanto dan Novan Sasongko.

Koko dan Fachruddin telah menjadi pemain andalan yang tak tergantikan di posisi masing-masing. Sedangkan Novan sebenarnya berposisi bek sayap, kanan atau kiri, namun dia juga bisa ditempatkan sebagai bek tengah.

Satu lagi posisi, yakni bek kiri, bakal dihuni oleh Edo Febriansah yang terhitung sebagai pemain cukup berkualitas. Dia sebenarnya sempat jadi andalan Timnas Indonesia, namun kali ini sudah kalah bersaing.

 

 

 

 

5 dari 6 halaman

Tengah

Bola.com memilih komposisi tiga gelandang Persib Bandung. Mereka adalah Rachmat Irianto, Dedi Kusnandar, dan Marc Klok. Dedi Kusnandar termasuk pemain berpengalaman dengan jam terbang tinggi.

Sedangkan Rachmat Irianto dan Marc Klok sebenarnya pemain andalan Timnas Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong. Sayangnya, terbaru mereka tidak masuk skuad Garuda untuk lagai Juni mendatang.

Kemampuan trio gelandang ini sangat patut diacungi jempol dalam memainkan bola. Mereka mampu mengalirkannya ke lini depan yang membuat Persib kerap mendulang kemenangan lewat gol ciamik.

 

 

 

 

6 dari 6 halaman

Depan

Ada dua pemain Persib yang masuk trisula lini depan. Mereka adalah Febri Hariyadi yang mengisi posisi winger dan Ezra Walian yang dijadikan striker. Dua nama ini sudah tidak diragukan lagi bersama Maung Bandung.

Sedangkan satu lagi adalah winger Madura United, Malik Risaldi. Masih berusia 27 tahun, Malik Risaldi jadi pemain yang cukup produktif bersama Madura United musim ini.

Dia mampu berkontribusi dengan catatan 11 gol dan empat assist dalam 33 pertandingan di regular series. Teranyar, dia mencetak dua gol yang membawa Madura United menang 3-2 atas Borneo FC dalam leg kedua semifinal dan lolos final.

Dari situ, sudah terlihat bahwa dia menjelma sebagai salah satu winger tajam tanah air. Catatan statistik itu seharusnya juga membuatnya layak berkesempatan membela Timnas Indonesia.

Video Populer

Foto Populer