Sukses


3 Statistik Penting Madura United di BRI Liga 1 2023/2024: Malik Risaldi Si Top Scorer Lokal yang Jago Tandang

Bola.com, Jakarta - Madura United membuat pecinta sepak bola Tanah Air terheran-heran. Tidak diunggulkan sama sekali, Laskar Sape Kerrap justru mampu meraih tiket final Championship Series BRI Liga 1 2023/2024.

Kemenangan comeback 3-2 atas Borneo FC Samarinda di Stadion Batakan, Balikpapan (19/5/2024), menegaskan betapa hebat Madura United. Fachruddin Wahyudi Aryanto unggul 4-2 secara agregat dari jawara regular series tersebut.

Perjalanan Madura United bak rollercoaster. Sempat lama menguasai puncak klasemen BRI Liga 1, mereka harus menata ulang ambisi pada tengah musim.

Kekalahan demi kekalahan datang seiring kasus hukum yang menimpa Presiden Madura United, Achsanul Qosasi.

Walau begitu, Madura United berhasil bangkit dari segala keterpurukan tersebut. Dalam tiga bulan terakhir, mereka menunjukkan tekad dan semangat pantang menyerah untuk jadi tim terbaik musim ini.

Lantas, apa saja statistik menarik dibalik kebangkitan klub berjuluk Laskar Sape Kerrap tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Malik Risaldi Sang Top Scorer Lokal

Saat menjamurnya winger asing, Madura United merupakan salah satu tim yang tetap percaya dengan pemain lokal. Melepas Lulinha di jeda musim merupakan salah satu langkah strategis yang dilakukan.

Malik Risaldi yang sempat terganjal regulasi penggunaan pemain U-23, akhirnya mendapatkan kesempatan penuh. Pria asal Surabaya itu mampu menuntaskan kepercayaan dengan penampilan brilian di putaran kedua.

Catatan 13 gol yang dibuatnya tak hanya menjadikannya sebagai top scorer lokal musim ini. Ia pun berhasil membawa Madura United mencapai asa meraih gelar mayor pertama sejak berdiri pada 2016 lalu.

3 dari 5 halaman

Jagoan Tandang

Salah satu kehebatan Madura United terletak dari kemampuan mereka mengatasi situasi sulit di luar kandang. Sadar tak bisa maksimal di laga kandang, mereka selalu tampil lepas saat bermain jauh dari markasnya.

Madura United jadi tim ketiga yang paling banyak meraih poin di laga tandang. Termasuk pertandingan kemarin, Madura United telah mengumpulkan 27 poin dalam 18 pertandingan tandang musim ini.

Catatan lainnya adalah Malik Risaldi merupakan salah satu top scorer tandang musim ini. Catatan 11 gol yang dibuatnya di markas lawan hanya kalah dua gol dari penyerang Persib Bandung, David da Silva.

4 dari 5 halaman

Magis Penyihir Kecil Meksiko

Madura United terkenal dengan pembelian pemain asing yang tepat di setiap musim. Ekspatriat yang datang selalu mampu membuat perbedaan di kompetisi tertinggi tanah air.

Francisco Rivera adalah bukti terkini kehebatan Madura United mengorbitkan pemain asing debutan. Pria asal Meksiko itu mengemas 15 assist sejauh ini.

Angka tersebut terbilang besar untuk pemain yang bertindak sebagai seorang playmaker di sepak bola Indonesia, yang memang condong bermain dengan mengandalkan umpan-umpan silang.

5 dari 5 halaman

Akhir Persaingan Regular Series BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer