Sukses


Bentrok Kapten Persib Vs Madura United Final BRI Liga 1: Adu Senior, Adu Pengalaman

Bola.com, Jakarta Tinggal hitungan hari, final championship series BRI Liga 1 2023/2024 siap digelar. Dalam laga leg 1, semua mata rakyat Indonesia akan tertuju ke Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (26/5/2024).

Di stadion megah itu, Persib Bandung bakal lebih dulu menjamu Madura United dan beberapa hari kemudian atau tepatnya pada Jumat (31/5/2024) giliran Madura United yang bakal menjamu Pangeran Biru di Stadion Gelora Bangkalan.

Baik Persib maupun Madura United sama-sama menargetkan juara, karena mereka memang layak menyandang gelar bergengsi tersebut. Hanya saja, juara hanya satu. Oleh karena itulah, Maung Bandung dan Laskar Sapeh Kerrap siap mengeluarkan semua kemampuan terbaik dan siap pula bertarung sampai tetes peluh terakhir.

Kedua pelatih, Hojan Bodak dari Persib dan pelatih sementara Madura United, Rakhmat Basuki, juga sudah sama-sama menegaskan kalau semua dalam kondisi siaga satu alias sudah tak sabar turun ke palagan pertempuran.

"Kami harus fokus dan bermain kompak," jawab Hojan Bodak, terkait dua syarat yang kudu dipegang teguh semua pemainnya kala menghadapi Madura United.

Sementara, Rakhmat Basuki, terus mempelajari cara bermain Persib sembari berharap mendapat celah serta kelemahan Maun Bandung.

"Masih ada waktu untuk mempelajari bagaimana mengalahkan Persib Bandung," kata pria asal Pamekasan yang naik pangkat jadi pelatih kepala pasca Maurício Souza mengundurkan diri hanya beberapa saat sebelum championship series BRI Liga 1 2023/2024 dihelat.

Sukses tidaknya kedua tim tentunya tak lepas dari kesiapan dan mental para pemain, terlebih sang kapten masing-masing. Seperti apa sosok dan kepemimpinan kapten kedua tim papan atas Indonesia ini? Berikut ulasan singkat namun padat tentang keduanya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Fachruddin Wahyudi Aryanto

Cukup dipanggil Fachruddin. Ia memperkuat Madura United sejak 2017 dan sempat dipinjamkan ke Persija Jakarta pada 2019. Pengalamannya yang panjang berliku membuat Fachruddin sosok yang tenang dan berwibawa.

Ia mengawali karier seniornya pada 2008 bareng PSS Sleman dan bertahan di sana hingga 2012. Dari Sleman, pengagum Paolo Maldini ini lalu terbang ke Persepam Madura. Hanya setahun, dari 2013-2014, Fachruddin kemudian tak kuasa menerima pinangan tim kebanggaan warga Sumatera Selatan, Sriwijaya FC (2015-2016).

Usai memperkuat Laskar Wong Kito, kelahiran 19 Februari 1989 balik ke Madura tapi kali ini mendapat kepercayaan memperkuat Laskar Sapeh Kerrap.

Hanya berselang setahun sejak kedatangannya dari Palembang, Fachruddin didapuk sebagai kapten Madura United menggantikan Fabiano Beltrame.

Veteran 35 tahun ini memang pantas dijadikan leader. Selain di klub, Fachruddin juga sudah malang melintang di timnas.

Saat Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait, ia bahkan diberi kepercayaan menjadi kapten. Begitu pula saat SEA Games 2021, Fachruddin, yang saat itu berstatus pemai senior megemban tanggungjawab yang sama.

Melawan Persib nanti, warga Madura, terlebih pendukung setianya, K-Conk Mania, berharap Fachruddin bisa memimpin rekan-rekannya meraih kemenangan, baik saat tandang terlebih laga kandang.

3 dari 4 halaman

Marc Klok

Jangan ngaku-ngaku penggemar sepak bola nasional kalau tak kenal dengan pemain ini. Ya! Marc Klok tak hanya pujaan jutaan Bobotoh, tapi juga fans setia Timnas Indonesia. Selain Persib, Marc Klok merupakan langganan timnas sejak menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) via program naturalisasi pada November 2020.

Gelandang petarung berusia 31 tahun ini tak butuh waktu lama untuk mendapat kepercayaan sebagai pemimpin Persib di lapangan pertandingan. Eks Jong Utrecht, Belanda, itu ditunjuk menjadi kapten pertama kali saat Maung Bandung bertandang ke Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, pada Juli 2022 kontra Bhayangkara FC.

Ketika itu, Persib masih ditukangi Robert Alberts. Penunjukan tersebut sebenarnya diluar kebiasaan, karena di Persib masih ada wajah-wajah lama dan Marc Klok baru setahun bergabung setelah cabut dari Persija Jakarta pada 2021.

Meski begitu, Marc Klok ternyata mampu membuktikan jiwa kepemimpinannya hingga saat ini. Performanya yang selalu memesona dalam setiap pertandingan juga semakin mensahkan kalau dirinya pantas jadi leader.

Lantas, apa kata sang kapten jelang big match kontra Madura United? "Saya pikir, ini (juara) harapan semua (warga) Bandung, semua pemain, semua orang. Musim sebelumnya (Persib) posisi dua atau posisi tiga. Tahun ini harus jadi nomor satu. Tapi masih ada final, masih ada dua game dan kita belum bisa selebrasi," kata Marc Klok, dikutip dari laman resmi klub.

4 dari 4 halaman

Jadwal Final

Jadwal Final Championship Series BRI Liga 1 2023/2024

  • 26 Mei 2024: Persib Bandung Vs Madura United di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung
  • 31 Mei 2024: Madura United Vs Persib Bandung di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan

Jadwal Perebutan Tempat Ketiga Championship Series BRI Liga 1 2023/2024

  • 25 Mei 2024: Bali United Vs Borneo FC Samarinda di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar
  • 30 Mei 2024: Borneo FC Samarinda Vs Bali United di Stadion Batakan, Balikpapan

Ket: Dua laga di atas bisa Anda saksikan secara live streaming di Vidio maupun siaran langsung di Indosiar. 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer