Sukses


Duel Bek Karismatik Persib Vs Madura United di Final Championship Series BRI Liga 1: Cleberson Andalan, Victor Igbonefo Bakal Tampil?

Bola.com, Bandung - Persib Bandung dan Madura United memasuki tahapan persiapan akhir jelang duel sengit di leg pertama final Championship Series BRI Liga 1 2023/2024, Minggu (26/5/2025).

Persib akan lebih dulu bertindak sebagai tuan rumah di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, pada leg pertama final BRI Liga 1. Selanjutnya pada Jumat (31/5/2024) giliran Mandura United yang menjadi tuan rumah di Stadion Gelora Bangkalan.

Big match nanti tak hanya menjadi misi berat bagi kedua pelatih, tapi juga bagi semua pemain termasuk para penggawa di lini pertahanan.

Baik Persib maupun Madura United sama-sama punya sosok bek karismatik. Ada Victor Igbonefo di kubu Persib, sementara di kubu Laskar Sape Kerrab ada Cleberson.

Siapa keduanya dan seberapa penting mereka bagi timnya masing-masing jelang bertemu di final BRI Liga 1 2023/2024? Yuk, kita kupas tuntas.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Victor Igbonefo

Lengkapnya Victor Chukwuekezie Igbonefo. Bagi anak-anak sekarang, namanya mungkin terasa asing di telinga. Namun, bagi pecinta sepak bola sejati Indonesia, Igbonefo bukanlan wajah asing.

Jauh sebelum Rafael Struick, Jordi Amat, Justin Hubner, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen memperkuat Timnas Indonesia via program naturalisasi, Igbonefo sudah lebih dulu menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) lewat program yang sama pada 2011.

Sayang, kiprahkan di timnas tak semoncer Rafael Struick dkk. Meski begitu, veteran berusia 38 tahun itu tidak bisa dilepaskan dari sejarah sepak bola Tanah Air.

Igbonefo pernah beken kala memperkuat Persipura Jayapura dan menjadi protagonis dalam pencapaian hebat Mutiara Hitam kala mereka menggondol gelar Indonsia Super League 2008/2009 dan 2010/2011.

Dari Bumi Cenderawasih, perantau dari Nigeria itu kemudian mengembara ke banyak klub seperti Pelita Jaya, Arema Cronus serta terbang ke Thailand memperekuat tiga klub di sana, yakni Navy, Nakhon Ratchasima, dan PTT Rayong.

Igbonefo sendiri sudah beberapa kali membela Persib, yaitu pada 2018 dan 2020. Walaupun tak lagi muda, Igbonefo belum habis.

Meski kalah bersaing dengan bek-bek muda yang dipunya Persib saat ini, pengalaman serta sikap tak pernah kompromi yang menjadi ciri khasnya membuat pelatih Bojak Hodak masih kerap memberi kepercayaan kepada kelahiran 10 Oktober 1985.

Bagaimana di final nanti? Apakah Igbonefo akan masuk starting XI atau bermain dari bangku cadangan? Entahlah. Yang pasti, jika diberi kesempatan Igbonefo bakal bertarung sepenuh hati seperti duel-duel sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Cleberson

Ngeri! Kata itu sangat cocok ditujukan kepada bek yang satu ini. Bagaimana tidak, sebelum menerima pinangan Madura United 2020, defender berusia 31 tahun itu sudah lebih dulu malang melintang di Liga Brasil, bersama Athletico Paranaense, Sport Recife, CSA, Juventude, dan Ituano.

Kenyang pengalaman, Cleberson selanjutnya menjelma menjadi kekuatan terkuat di lini belakang Madura United. Sukses Laskar Sape Kerrab di kompetisi domestik tertinggi Indonesia tak lepas dari kontribusi Cleberson.

Seperti kebanyakan bek-bek Brasil, Cleberson juga sosok petarung yang tak kenal takut menghadapi berbagai macam tipe striker. Selain itu, pengagum Roberto Carlos itu juga lihai memotong arus bola serta jago duel bola-bola udara.

Kiprahnya yang cukup mentereng bareng Madura United membuat Cleberson disebut-sebut sebagai salah satu bek terbaik di Liga 1 dan Championship Series BRI Liga 1 2023/2024.

Mampu tidaknya tim asuhan Rakhmad Basuki mengalahkan Persib di Stadion Si Jalak Harupat nanti semua berpulang kepada Cleberson. Jadi bisa dibayangkan, betapa krusialnya sosok Cleberson bagi Madura United.

4 dari 4 halaman

Akhir dari Persaingan Regular Series BRI Liga 1 2023/2024

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer