Sukses


Menakar Performa Pemain Asing Persib dan Madura United pada BRI Liga 1 2023 / 2024

Bola.com, Jakarta - Duel Persib Bandung versus Madura United di final Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 tak terbantahkan lagi merupakan laga spesial dua tim papan atas Indonesia.

Meski gagal menjadi yang terbaik di Liga 1, namun pencapaian kedua tim ini ke partai puncak Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 layak diacungi jempol.

Bagaimana tidak, dua lawan yang mereka hadapi di semifinal beberapa waktu lalu juga merupakan tim tangguh Liga 1 yakni Bali United serta Borneo FC yang merupakan jawara kompetisi tertinggi Indonesia musim ini.

Persib, dengan semangat "Bandung Lautan Api" menyingkirkan Bali United dengan aggregat 4-1. Sementara, Madura United, dengan motivasi tinggi dan mental baja mendepak Borneo FC dengan kemenangan aggregat 4-2.

Kini, siapa yang akan tampil sebagai yang terkuat di ajang Championship Series BRI Liga 1 2023/2024? Hanya Tuhan yang tahu.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Persib Bandung Lebih Difavoritkan

Yang pasti, Maung Bandung sedikit diunggulkan karena tim asuhan Bojan Hodak akan lebih dulu menjadi tuan rumah laga final leg pertama di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (26/5/2024).

Bertanding di depan ribuan Bobotoh pastinya membuat Marc Klok and kolega tak ingin kehilangan muka. Itu berarti, kemenangan adalah harga mati.

Meski pendukung setianya dianjurkan tak memaksakan diri datang ke Bandung, namun para penggawa Laskar Sapeh Kerrab siap tampil all out.

Pasukan Rakhmad Basuki tetap percaya diri karena dalam 16 pertemua terakhir sejak 2016, Madura United masih lebih superior dengan enam kemenangan, empat kali kalah, dan sisanya berakhir imbang.

Kala bertandang ke tempat yang sama dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024, Fachruddin Wahyudi Aryanto cs. bahkan mampu memaksa Pangeran Biru bermain sama kuat 1-1.

Apa pun hasilnya nanti tentunya sangat meringankan langkag kedua tim guna melakoni laga leg kedua di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, (31/5/2024).

 

3 dari 4 halaman

Kontribusi Pemain Asing

Sukses Persib dan Madura United sepanjang musim ini tak lepas dari kontribusi semua pemain, termasuk para legiun asing.

Di kubu Persib, sedikitnya ada enam pemain asing yang menjadi andalan sekaligus tumpuan pelatih Bojan Hodak.

Keenamnya adalah kiper Kevin Mendoza (Filipina), Nick Kuipers (bek/Belanda), Alberto Rodríguez (bek/Spanyol), Stefano Beltrame (gelandang/Italia), Ciro Alves (striker/Brasil), dan David da Silva (striker/Brasil).

Keenam pemain ini punya peran krusial di lininya masing-masing. Ciro Alves dan David da Silva misalnya, duo predator ini tampil sebagai mesin gol.

David da Silva mengukuhkan dirinya sebagai yang tersubur musim ini dengan torehan 25 gol. Tombak 35 tahun ini unggul lima lesakan dari pesaing terdekatnya, Flávio Silva, penyerang Persik Kediri.

Tak kalah ganas, Ciro Alves juga sosok hantu yang sangat menakutkan bagi lini belakang para lawan. Bomber 35 tahun itu mengepak 13 gol.

Melawan Madura United nanti, David da Silva dan Ciro Alves dipastikan masuk starting XI dengan formasi 4-3-3. Keduanya akan ditopan penyerang yang juga gahar, Febri Hariyadi.

 

4 dari 4 halaman

Tulang Punggung

Bagaimana dengan Madura United? Meski tak segarang pemain asing milik Persib, tapi legiun asing Laskar Sapeh Kerrab tak boleh dipandang enteng.

Nama-nama beken seperti kiper Lucas Frigeri (Brasil), Cleberson (bek/Brasil), Francisco Rivera (gelandang/Meksiko), Jaja (gelandang/Brasil), serta Dalberto (striker/Brasil) tak diragukan lagi menjadi tulang punggung di balik kedigdayaan Madura United sepanjang musim ini.

Dalam lawatan ke Stadion Si Jalak Harupat pada akhir pekan nanti, kelimanya masih akan mendapat kepercayaan guna mengisi posnya masing-masing.

Melihat komposisi pemain asing yang berimbang tadi, bisa dipastikan duel big match Persib kontra Madura United pasti berlangsug seru dan sengit.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer