Sukses


Membandingkan Performa Duo Stoper Persib dan Madura United di BRI Liga 1 Musim Ini: Ikut Andil Peran Krusial

Bola.com, Jakarta - David da Silva menjadi pemain yang paling disanjung saat Persib Bandung mengalahkan Madura United pada leg pertama final Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (26/5/2024).

Bomber asal Brasil itu memborong dua gol dalam kemenangan 3-0 yang diraih Persib Bandung atas Laskar Sape Kerrab. David da Silva mencatatkan namanya di papan skor pada menit 90'+4 dan 90'+12.

Pemain yang juga banjir pujian adalah Ciro Alves. Dialah yang membuka keran gol tuan rumah pada menit ke-70. Gol Alves memantik semangat anak-anak asuh Bojan Hodak untuk memenangkan big match setelah babak pertama berakhir imbang.

"Ini kemenangan yang sangat bagus. Namun, perjuangan belum selesai karena ini baru leg pertama," kata Bojan Hodak mengingatkan anak-anak asuhnya agar tak larut dalam euforia.

Kemenangan ini membuka peluang Persib Bandung untuk menjadi juara karena langkah mereka guna melakoni laga final leg kedua di Madura pada Jumat (31/5/2024) semakin enteng.

David da Silva dan Ciro Alves boleh-boleh saja banjir sanjungan. Hanya saja jangan sampai menafikan peran pemain lain, termasuk bek tengah yang juga tampil kinclong malam itu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Nick Kuipers dan Alberto Rodríguez yang Mengilap

Memainkan formasi 4-3-3, dua bek tengah mendapat tugas berat dari Bojan Hodak. Keduanya adalah Nick Kuipers dan Alberto Rodríguez.

Kedua tukang jagal ini tampil penuh alias tak tergantikan. Keduanya menjadi pengawal setia kiper Kevin Mendoza dari teror para penyerang Madura United yang dimotori Dalberto.

Nick Kuipers yang kini berusia 30 tahun bergabung dengan Persib pada 2019. Pemain ber-KTP Belanda itu merupakan salah satu pilar inti di lini belakang dan kerap tampil sebagai starter.

Musim lalu misalnya, eks tembok ADO Den Haag ini mendapat kepercayaan dalam 31 laga di Liga 1 dengan torehan satu gol dan satu assist. Permainan keras tanpa komprominya menghasilkan sembilan kartu kuning dan satu kartu merah.

Sukses Persib ke final Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 juga tak lepas dari kontribusinya di semifinal melawan Bali United yang berakhir dengan kemenangan aggregat 4-1.

<p>Pemain Persib Bandung, Alberto Rodriguez Martin menggiring bola pada laga lanjutan pekan ke-3 BRI Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung melawan Dewa United FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jumat (14/07/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)</p>

Alberto Rodríguez tak kalah mengilap. Pemain asal Spanyol berusia 31 tahun ini langsung mendapat kepercayaan penuh saat merapat ke Persib pada 2023. Pada musim debutnya, Alberto Rodríguez tampil sebanyak 32 kali di Liga 1 2023/2024.

Seperti Nick Kuipers, tak ada yang berani membantah peran besarnya dalam kemenangan gemilang atas Bali United di semifinal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024.

 
3 dari 4 halaman

Etos Kerja Keras Fachruddin dan Cleberson Sang Petarung

Bagaimana dengan duo bek tengah Madura United, Fachruddin Aryanto dan Cleberson? Keduanya juga tampil ciamik. Sayangnya, kerja keras mereka harus terhenti jelang berakhirnya pertandingan lewat gol Ciro Alves dan David da Silva.

Fachruddin Aryanto tak hanya sekadar tembok andalan tapi juga kapten Laskar Sape Kerrab. Jadi bisa dibayangkan betapa beratnya beban yang harus dipikul mantan pemain Timnas Indonesia yang kini berusia 35 tahun itu.

Fachruddin Aryanto adalah idola K-Conk Mania serta panutan semua pemain Madura United. Ia sudah berjuang bersama Madura United sejak 2017 atau setahun setelah tim lahir lahir dan langsung menggebrak blantika sepak bola nasional.

Sepanjang musim ini di Liga 1 2023/2024, sang kapten tampil dalam 33 laga. Peran krusialnya mengantarkan tim yang kini diarsiteki pelatih sementara, Rakhmad Basuki, merangsek ke final Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 setelah lebih dulu menyingkirkan tim kuat yang juga kampiun Liga 1, Borneo FC.

Pemain Persib Bandung, David Da Silva (kiri) berusaha melewati pemain Madura United, Cleberson, pada laga leg 1 final Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung melawan Madura United di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Minggu (26/05/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Madura United juga patut bangga dan bersyukur punya seorang bek petarung bernama Cleberson. Bek berpaspor Brasil ini menerima pinangan Madura United pada 2022 dan tak butuh waktu lama untuk nyetel dengan Fachruddin Aryanto cs.

Dipercaya sebagai bek tengah dengan formasi 4-3-3, pemain berusia 31 tahun itu sosok yang tak tergantikan di posisinya.

Musim lalu ia mengantarkan Madura United finis di posisi ketiga Liga 1 2023/2204 yang membuat mereka mengamankan satu tempat di semifinal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024.

Pada laga leg kedua final nanti, keempat bek tengah ini dipastikan masih menjadi sarter dan dipastikan pula bakal berjibaku habis-habisan demi menjaga keperawanan gawangnya masing-masing.

4 dari 4 halaman

Akhir dari Persaingan di Regular Series BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer